Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia


Materi Pelajaran IPS Kelas 7 Bab 3 Tema A


sebelumnya saya tambahkan juga Video Pembelajaran yang mendukungnya dibawah ini



Sebelumnya jangan lupa yang belum subscrib, silahkan subscrib dulu ya, like dan berbagi. Terimakasih .

 

Setiap wilayah memiliki kekayaan dan potensi  alam yang berbeda.

Sumber daya yang tidak merata antarwilayah menimbulkan kelangkaan komoditas tertentu di suatu wilayah. Kelangkaan dapat terjadi karena sumber daya yang tersedia tidak sebanding dengan kebutuhan.

Tidak terpenuhinya kebutuhan manusia berarti munculnya masalah pemenuhan kebutuhan yang disebut masalah ekonomi.

Kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedangkan alat pemenuhan kebutuhan terbatas

Untuk mengatasi kelangkaan, diperlukan kegiatan ekonomi yang menunjangnya.

Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi diperlukan kreativitas dalam kegiatan ekonomi agar mampu menyediakan barang kebutuhan dengan baik demi kesejahteraan manusia.

 

Untuk mengatasi masalah kelangkaan maka perlu belajar ilmu ekonomi. Ekonomi  berasal dari bahasa Yunani yaitu “Oikonomia” yang berarti “rumah tangga”. Oikonomia terdiri dari dua kata ‘oikos dan nomos.’Oikos artinya rumah tangga, dan nomos artinya aturan,

Jadi arti kata  ekonomi berarti aturan rumah tangga atau ilmu yang mengatur rumah tangga. Ilmu ekonomi termasuk kelompok ilmu sosial.

Definisi ilmu ekonomi yang sering digunakan “ Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memenuhi  kebutuhan  untuk  mencapai   kemakmuran.

“Berdasar   definisi  itu   maka  dapat   diambil kesimpulan bahwa kemakmuran akan tercapai bila kebutuhan sudah terpenuhi. Untuk mencapai kemakmuran itu manusia harus selalu berusaha melakukan tindakan-tindakan atau pengorbanan, baik berupa tenaga, waktu maupun materi, Hal demikian disebut tindakan ekonomi.

 

KEBUTUHAN MANUSIA

Kebutuhan atau keinginan manusia sangat banyak, namun tidak semua bisa terpenuhi, untuk itu harus disesuaikan dengan skala prioritas untuk menentukan kebutuhan paling penting yang harus diutamakan dan yang tidak penting bisa ditunda penggunaannya.

 

Macam-Macam Kebutuhan Menurut Intensitasnya atau Tingkatannya

1)    Kebutuhan primer  atau kebutuhan pokok Seperti kebutuhan makan, kebutuhan pakaian dan kebutuhan perumahan

2)    Kebutuhan sekunder (tambahan) adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Seperti perabot rumah tangga, lemari, arloji, radio, dan sabun dan lain sebagainya

3)    Kebutuhan Tersier atau kebutuhan barang mewah adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Tergantung tingkat kekayaan seseorang.

 

Macam-Macam Kebutuhan Menurut Sifat

1)    Kebutuhan Jasmani adalah kebutuhan yang bersifat memberi kepuasan pada badan atau jasmani. Contoh:  makan, obat bagi yang sakit, minuman, kesehatan, dan olah raga.

2)    Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang dirasakan untuk kepentingan jiwa manusia. Contoh kebutuhan rokhani antara lain kebutuhan akan rekreasi, agama, nonton TV, baca buku, dan pendidikan.


Macam-Macam Kebutuhan Menurut Waktu Penggunaannya

1)    Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan manusia yang harus segera dipenuhi pada saat dibutuhkan. antara lain:

a)     Makanan sangat dibutuhkan oleh orang yang kelaparan dan ini harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kelaparan

b)    Minuman sangat dibutuhkan bagi orang yang kehausan dan ini harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kehausan

c)     Obat sangat dibutuhkan bagi orang yang sakit. Kebutuhan ini tidak bisa ditunda karena akan berakibat fatal.

2)    Kebutuhan masa yang akan datang adalah kebutuhan manusia yang pemenuhannya dapat ditangguhkan pada masa yang akan datang. Contoh, menabung untuk pendidikan akan datang, untuk naik haji ,dll

 

Macam-Macam Kebutuhan Menurut Subjek Menurut subyek yang merasakannya,

1)    Kebutuhan Individual adalah kebutuhan yang berhubungan langsung dengan perorangan. Contoh kebutuhan makan, minum, mobil, sepatu,  dan kaca mata. Kebutuhan tergantung dari keinginan masing-masing.

2)    Kebutuhan kelompok atau kolektif adalah kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersama-sama dan pemenuhannya juga dilakukan secara bersama-sama. Contohnya: kebutuhan akan jalan, jembatan, sekolah, pasar, dan  lapangan.

 

Faktor–faktor yang mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia antara lain:

a)     Perbedaan Jenis Kelamin  pasti akan memengaruhi perbedaan jenis dan jumlah kebutuhan. Seperti pakaian laki-laki dan kegemarannya berbeda dengan wanita

b)    Tingkat Pendidikan Seseorang akan berpengaruh pada kebutuhannya. Seperti Kebutuhan siswa SD dengan seorang mahasiswa tentu berbeda

c)     Lingkungan Tempat Tinggal Lingkungan tempat tinggal sangat besar pengaruhnya terhadap kebutuan manusia. Orang hidup di daerah pegunungan akan berbeda kebutuhannya  dengan mereka yang hidup di dataran rendah.

d)    Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan adanya penemuan-penemuan baru dan produk-produk baru.

e)     Tingkat Pendapatan.  Semakin besar pendapatan seseorang maka semakin besar pula kebutuhannya sebaliknya  semakin kecil pendapatannya akan semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan.

f)      Status Sosial Semakin tinggi kedudukan seseorang di masyarakat biasanya semakin beragam dan bertambahnya kebutuhan.

g)     Perbedaan Selera Perbedaan selera ini akan sangat berpengaruh terhadap pemilihan barang /jasa yang dibutuhkan.

sebagai latihan silahkan diisi dan cek jawaban mu langsung



Comments