Cara Mudah Membuat Soal dan Survey Dengan Microsoft Form



1.    Miceosoft Form sebagai Evaluasi Belajar

Pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan Microsoft office berbasis web yaitu Microsoft form sebagai evaluasi. Microsoft Form adalah aplikasi yang terdapat pada Microsoft Office berbasis web. Untuk mendapatkannya harus memiliki akun Microsoft office dahulu. Baru kita temukan aplikasi Microsoft Form.

Microsoft form hampir sama dengan Google form, sama-sama berguna untuk membuat survey, angket dan quiz, hanya perusahaan yang memproduksinya berbeda. jika Google Form produk dari perusahaan Google, maka Microsoft Form produk Microsoft Office. Silakan Anda pilih yang ingin dipakai atau mungkin bisa digunakan keduanya. Tergantung selera dan kemampuan masing-masing.

Microsoft Form bermanfaat membuat soal sebagai evaluasi belajar, Survey dan Jejak Pendapat yang bisa dibuat dengan cara kolaborasi, bisa diedit, tersimpan pada One Drive, gambar gambar lebih indah, tulisan lebih panjang, serta dapat dianalisis menggunakan Microsoft Excel. Saya akan jelaskan satu persatu. 

1.    Langkah membuat Soal pada Microsoft form

  1.  Cari Microsoft Office pada perambah/google crome, ketik www.portal microsoft office.com 
  2. Buka Microsoft office secara online, dengan cara gunakan akun microsoft, atau akun lainnya. Masuk dengan kredensial sekolah Office 365 atau akun pribadi. kredensial kerja, atau akun Microsoft lainnya (jika anda pengguna Microsoft baru, buat akun Microsoft, atau Outlook.com).  
  3. Jelajah semua aplikasi Microsoft Form anda
  4. Pilih Mulai membuat soal dengan memilih menu “Kuis Baru”  
  5. Akan ada tampilan tanpa judul dan tambahkan judul yang sesuai dengan soal yang ingin dibuat, serta deskripsi dari soal tersebut misalnya berupa perintah atau penjelasan materi soal.    
  6. Selanjutnya klik tanda, dan akan tampil pilihan apakah mau membuat pilihan, penilaian atau tanggal. Untuk membuat soal pilihan ganda, klik “Pilihan”  
  7. Bila ada pertanyaan yang membutuhkan gambar atau video, klik ikon media. dan tambahkan gambar/video memalui unggahan, atau yang tersimpan di onedrive atau searching pada "Bing"  
  8. Untuk menambahkan pertanyaan caranya klik tambah +. dan pilih bentuk pertanyaannya. Agar pertanyaan wajib dijawab semua siswa maka geser tanda "Rekuired" "wajib diisi"kekanan, agar semua siswa wajib mengisinya. kemudian pilih kunci jawaban dengan cara centang jawaban yang benar. Pada soal pilihan ganda opsinya bisa ditambah dengan cara klik “+” “tambahkan opsi”, kemudian tambahkan poin setiap soal. untuk mencapai kor maksimum seluruh soal perlu diperhatikan harus 100.  
  9. Saat kita share (bagikan) soal pada siswa, ada pilihan siapa yang dapat menggunakan soal kita. Apabila siswa kita dapat mengisinya dan tak wajib berada dikelas belajar kita, klik anyone with the link can respond, tetapi kalau diperuntukkan pada siswa dikelas kita saja klik only people in my organization. Sedangkan untuk bekerjasama mengedit form bersama yang lain bisa klik share to collaborate 
  10. Setelah soal selesai kita bisa melihat pratinjau soal untuk mengetahui apakah soal kita sudah selesai dan rapi sesuai yang kita inginkan. Untuk merubah tema klik ikon , pilih sesuai selera. 
  11. Soal dapat dibagikan dengan cara klik bagikan, salin soal atau gunakan tautannya. 

Selanjutnya saya akan jelaskan juga langkah-langkah membuat Formulir, saya pilih kali ini formulir kegiatan, anda dapat menggantinya dengan formulir lain sesuai kebutuhan seperti dibawah ini :
  1. pilih formulir bentuk baru, bisa menggunakan formulir kosong atau menduplikat yang sudah ada  
  2. Tambahkan Judul dan deskripsi kegiatan 
  3. Tambahkan pertanyaan bisa dalam berbagai bentuk, misalnya pertanyaan untuk jenis kelamin,   bentuk multiple choice . Untuk Usia bisa menggunakan Date, untuk pertanyaan singkat pilih text dan ada pilihan lain klik more action 
  4. selanjutnya langkah berikutnya sama dengan diatas, untuk Bagikan, dan untuk edit Tema. 
Untuk melengkapi artikel ini, silahkan menonton video tutorial pada channel Youtube saya pada 
 
Demikianlah tulisan saya tentang Microsoft Form, semoga bermanfaat, dan jangan lupa like, subscribe dan comment ya, Terima kasih.

Comments

Post a Comment