MELAKSANAKAN RAPAT DAN KBM MENGGUNAKAN CISCO WEBEX


MELAKSANAKAN RAPAT DAN KBM MENGGUNAKAN CISCO WEBEX

Sebenarnya banyak tutorial mengenai pembuatan Room Meeting Cisco webex, namun karena banyak peserta saya di VCT batch 6 Jabar 604B, masih belum memahami penggunaan dan cara membuatan akunnya, juga beberapa teman digroup saya chat pribadi agar saya membuatkan tulisan tentang Room Meeting ini, disamping secara langsung teman-teman guru diwajibkan rapat kelulusan dari rumah saja menyikapi kondisi WFH. Akhirnya saya terinspirasi ikut menulis pemanfaatan Room Meeting Cisco Webex.
Saya mengamati banyak kelebihan cisco antara lain adalah :
1.       Akun webex memuat 100 partisipan dan gratis.
2.       Video dengan kwalitas HD
3.       Dapat berbagi layer dan ruang pribadi
4.     Sebagai peserta tak perlu memiliki akun webex, hanya cukup bergabung pada meeting dengan link yang dibagikan pemilik room
5.       Waktu meeting dalam satu kegiatan 1 hari full
6.       Dan bisa di gunakan tanpa batas waktu tidak lagi trial 30 hari
7.   Sebagai pemilik room bisa recording meeting dan mengganti peran partisipan menjadi peserta, presenter atau host. Serta mengatur audio partisipan
8.       Pada saat pemaparan materi ada Note, untuk menandakan materi yang dijelaskan

Kelemahannya adalah :
1.       Cukup menguran Kuota yang banyak
2.       Jaringan harus stabil agar video conference berjalan lancer

Langkah-langkah membuat akun webex adalah :


  1.    Shercing pada laman google dengan cara klik ciscowebex.com. Pilih Cisco Confrence.
  2.     Untuk menjadi partisipan, klik “Join” tak harus membuat akun hanya menambahkan nomor meeting atau link meeting. Untuk masuk pilih login pastikan ingat akun dan password nya. Untuk pengguna pertama kali pilih sighn up. Siapkan akun gmail atau aku sementara.
  3.       Setelah menambahkan email, akan ada pilihan negara. Dan nama user yang dicantumkan 
  4.     Setelah selesai makan akan ada pemberitahuan melalui email. Periksa email dan klik kotak masuk. Diberitahukan anda harus memulai meeting dengan menambahkan password untuk akun anda 
  5.      Langkah pertama selesai, lanjutkan dengan Langkah kedua, membuat sceadul meeting, tentukan nama kegiatan, tanggal dan waktu meeting anda. Perlu diingat untuk jam menggunakan system waktu dalam Bahasa inggris, yaitu am (untuk pukul 00.00 – 12.00 siang) dan pm (untuk pukul 13.00 sampai – 23.59)
  6.         Daerah waktu di Indonesia menggunakan GMT + 7 ( Waktu Indonesia Barat -Jakarta) 
  7.      Setelah selesai, Langkah ketiga, adalah “get started” mulai meeting conference. Secara otomatis sebagai pemilik room kita menjadi host, jika ada peserta 
  8.       Untuk menginformasikan Room agar partisipan dapat masuk ke room meeting kita, caranya copy informasi room pada bagian kiri atas ada buletan kecil di room anda. Dan bagikan pada  semua partisipan. 
  9.      Otomatis Pemilik room menjadi host Host, kita dapat menjadikan partisipan yang dipilih menjadi presenter atau memerankan menjadi Host, caranya, pilih nama partisipan, klik kanan pada mouse, klik  "changes rol to" Presenter atau Host.
  10.      Untuk share content materi hanya dapat dilakukan oleh partisipan yang menjadi presenter atau host, caranya klik di bagian bawah ada ikon foler dengan tanda panah. Sedangkan membuat mute semua peserta saat sedang meeting berlangsung bisa klik mute all. Untuk menampilkan video, klik start video, dan untuk menambahkan tanda pada layer saat menjelaskan materi, pilih Annotate. jika selesai, maka kita klik end meeting yang tanda silang merah bagian bawah room.

Demikianlah pemaparan singkat saya tentang Pelaksanaan Rapat dan KBM menggunakan  Cisco Webex . semoga bermanfaat untuk semuanya, terimakasih atas perhatiannya, wassalamualaikum wr. Wb.


Comments

Post a Comment