Sebenarnya banyak tutorial
mengenai pembuatan Room Meeting Cisco webex, namun karena banyak peserta saya
di VCT batch 6 Jabar 604B, masih belum memahami penggunaan dan cara membuatan akunnya,
juga beberapa teman digroup saya chat pribadi agar saya membuatkan tulisan
tentang Room Meeting ini, disamping secara langsung teman-teman guru diwajibkan
rapat kelulusan dari rumah saja menyikapi kondisi WFH. Akhirnya saya
terinspirasi ikut menulis pemanfaatan Room Meeting Cisco Webex.
Saya mengamati banyak kelebihan
cisco antara lain adalah :
1. Akun
webex memuat 100 partisipan dan gratis.
2. Video
dengan kwalitas HD
3. Dapat
berbagi layer dan ruang pribadi
4. Sebagai
peserta tak perlu memiliki akun webex, hanya cukup bergabung pada meeting
dengan link yang dibagikan pemilik room
5. Waktu
meeting dalam satu kegiatan 1 hari full
6. Dan
bisa di gunakan tanpa batas waktu tidak lagi trial 30 hari
7. Sebagai
pemilik room bisa recording meeting dan mengganti peran partisipan menjadi
peserta, presenter atau host. Serta mengatur audio partisipan
8. Pada
saat pemaparan materi ada Note, untuk menandakan materi yang dijelaskan
Kelemahannya
adalah :
1. Cukup
menguran Kuota yang banyak
2. Jaringan
harus stabil agar video conference berjalan lancer
Langkah-langkah membuat akun
webex adalah :
- Shercing
pada laman google dengan cara klik ciscowebex.com. Pilih Cisco Confrence.
- Untuk
menjadi partisipan, klik “Join” tak harus membuat akun hanya menambahkan nomor
meeting atau link meeting. Untuk masuk pilih login pastikan ingat akun dan password
nya. Untuk pengguna pertama kali pilih sighn up. Siapkan akun gmail atau aku
sementara.
- Setelah
menambahkan email, akan ada pilihan negara. Dan nama user yang dicantumkan
- Setelah
selesai makan akan ada pemberitahuan melalui email. Periksa email dan klik
kotak masuk. Diberitahukan anda harus memulai meeting dengan menambahkan password
untuk akun anda
- Langkah
pertama selesai, lanjutkan dengan Langkah kedua, membuat sceadul meeting,
tentukan nama kegiatan, tanggal dan waktu meeting anda. Perlu diingat untuk jam
menggunakan system waktu dalam Bahasa inggris, yaitu am (untuk pukul 00.00 – 12.00
siang) dan pm (untuk pukul 13.00 sampai – 23.59)
- Daerah
waktu di Indonesia menggunakan GMT + 7 ( Waktu Indonesia Barat -Jakarta)
- Setelah
selesai, Langkah ketiga, adalah “get started” mulai meeting conference. Secara otomatis
sebagai pemilik room kita menjadi host, jika ada peserta
- Untuk
menginformasikan Room agar partisipan dapat masuk ke room meeting kita, caranya
copy informasi room pada bagian kiri atas ada buletan kecil di room anda. Dan bagikan
pada semua partisipan.
- Otomatis Pemilik room menjadi host Host, kita dapat menjadikan partisipan yang dipilih menjadi
presenter atau memerankan menjadi Host, caranya, pilih nama partisipan, klik
kanan pada mouse, klik "changes rol to" Presenter atau Host.
- Untuk share content materi hanya dapat dilakukan oleh partisipan yang menjadi presenter atau host, caranya klik di bagian bawah ada ikon foler dengan tanda panah. Sedangkan membuat mute semua peserta saat sedang meeting berlangsung bisa klik mute all. Untuk menampilkan video, klik start video, dan untuk menambahkan tanda pada layer saat menjelaskan materi, pilih Annotate. jika selesai, maka kita klik end meeting yang tanda silang merah bagian bawah room.
Demikianlah pemaparan singkat
saya tentang Pelaksanaan Rapat dan KBM menggunakan Cisco Webex . semoga bermanfaat untuk
semuanya, terimakasih atas perhatiannya, wassalamualaikum wr. Wb.
Bagus Bu, bermanfaat...👍👍
ReplyDeleteAlhamdulillah. Syukurlah. Terimakasih apresiasinya
ReplyDeleteSangat bermanfaat sekali..
ReplyDeleteMksh bu siti atas penjelasan tutorial cara menggunakan webex
ReplyDelete