Absensi Menggunakan Zoho Form

Absensi Menggunakan Zoho Form

Saya kali ini tertarik dengan Zoho Form, karena aplikasi ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan google Formulir dan Microsoft Form yang sering saya gunakan, namun begitu semua aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan, Untuk itu saya paparkan beberapa kelebihan dan kekurangannya, sekaligus memberikan contoh menggunakan Zoho Form sederhana untuk absensi kegiatan. Seperti Form yang lain, fungsi Zoho Form adalah membuat survey, Absen, Soal, Formulir, mecacah data, yang bisa di manfaatkan membuat laporannya dan analisis kegiatan. Untuk membantu pemahaman pada tulisan saya saya berikan juga tutorial YouTube saya. Membuat Presensi dengan menambahkan Tanda tangan

A.    Kelebihan zoho Form
  1. Bisa memilih gratis ataupun berbayar
  2. Aplikasinya memiliki fitu-fitur yang lengkap
  3. Untuk absensi, survey, analisis data
  4. Memiliki template yang lengkap.
  5. Pengaturannya jelas dan sederhana
  6. Tidak membutuhkan memori Perangkat. Karena tersimpan di awan
  7. Bisa menambahkan photo, tanda tangan responden, file, dan pilihan yang sangat komplit
  8. Dapat di eksport, menggunakan pdf, excel
  9. Pengaturan waktu dan laporan tanpa membutuhkan pihak ketiga
  10. Analisis ditampilkan dalam deskripsi maupun grafik

B.    Kelemahan Zoho Form

Sebenarnya aplikasi ini sungguh banyak kelebihan, saya sulit mencari kelemahannya. 
Tapi saya tetap harus buat, karena taka ada gading yang tak retak.
  1. Zoho menggunakan Bahasa Inggris, untuk sebagian orang kurang dipahami, sehingga membuat orang malas menggunakannya.
  2. Terlalu lengkap, sehingga banyak yang merasa sulit terlalu banyak fitur, jadi merepotkan.

C.   Langkah Menggunakan Zoho Form untuk Absensi

  1. Search Zoho Form pada laman Google . Pilih Zoho Form gratis.
  2. Masuk menggunakan akun gmail
  3. Mendaftar pertama ada pernyataan yang wajib disetujui pengguna, centang dua-duanya. Akan ada tampilan akun kita lengkap dengan foto profil
  4. Untuk Membuat Form pertama kali, kita klik “Creat a New Form”
  5. Ada pilihan apakah membuat Form kosong, atau menggunakan template yang disediakan zoho. Klik satu persatu, untuk mengetahui mana template yang sesuai dengan form yang akan kita buat.


Banyak sekali Tema  dan pilihannya seperti berikut di bagian kiri ada puluhan template:

 Business
Bisnis
1. Bug Tracker
1. Pelacak Bug
2. Client Details
2. Detail Klien
3. Complaints
3. Keluhan
4. Contact Us
4. Hubungi Kami
5. Email Subscription
5. Berlangganan Email
6. Software Evaluation
6. Evaluasi Perangkat Lunak


Human Resources
Sumber daya manusia
1. Employee Emergency Information
1. Informasi Darurat Karyawan
2. Employee Evaluation
2. Evaluasi Karyawan
3. Employee Satisfaction
3. Kepuasan Karyawan
4. Job Application
4. Aplikasi Pekerjaan
5. Resignation Form
5. Formulir Pengunduran Diri


Requests
Permintaan
1. Leave Application
1. Tinggalkan Aplikasi
2. Product Review
2. Tinjauan Produk
3. Software Request
3. Permintaan Perangkat Lunak
4. Testimonial
4. Kesaksian


Construction
Konstruksi
1. Client Review
1. Tinjauan Klien
2. Location Updates
2. Pembaruan Lokasi
3. On-site Inquiries
3. Pertanyaan di tempat


Status Updates
Pembaruan Status
E-commerce
Perdagangan elektronik
1. Delivery Feedback
1. Umpan Balik Pengiriman
2. Online Order Confirmation
2. Konfirmasi Pesanan Online
3. Order/delivery Tracking
3. Pelacakan pesanan / pengiriman
4. Order Form
4. Formulir Pemesanan


Non-profit
Nirlaba
1. Donation Form
1. Formulir Donasi
2. Event Evaluation
2. Evaluasi Acara
3. Event Registration
3. Pendaftaran Acara
4. Newsletter
4. Newsletter


Volunteer Form
Formulir Relawan
Medicine
Obat
1. Patient Admission
1. Penerimaan Pasien
2. Patient Details
2. Rincian Pasien
3. Patient Progress Tracking
3. Pelacakan Kemajuan Pasien
4. Staff Task Tracking
4. Pelacakan Tugas Staf


Education
pendidikan
1. Course Application
1. Aplikasi Kursus
2. Course Evaluation
2. Evaluasi Kursus
3. Library Membership Registration
3. Pendaftaran Keanggotaan Perpustakaan
4. Reunion Form
4. Formulir Reuni


Personal
Pribadi
1. Party Invitation
1. Undangan Pesta
2. Rental Application
2. Aplikasi Sewa
3. RSVP
3. RSVP
4. Reunion Form
4. Formulir Reuni
5. Wedding Invitation
5. Undangan Pernikahan
Saya pilih untuk absensi “ Leave Application”. Setelah itu ada tampilan Form yang dipilih, edit sesuai kebutuhan, seperti edit judul dan deskripsi kegiatan. ada 2 bagian tampilan . Bagian kiri hasil edit, bagian kanan tempat mengedit pertanyaan.


Untuk tampilan Dasbor Zoho saya bagi dua bagian, diatas dan disamping kiri. Untuk informasi ini saya tidak bahas pada kesempatan ini, sebab jelas sangat lama dan membuat bosan bagi yang tidak berminat apalagi bagi yang malas ngulik aplikasi, InsyaAllah pada kesempatan akan datang akan saya bahas.

Dibagian atas
Pembangun
Aturan
Pengaturan
Tema
Membagikan
Persetujuan Integrasi
Semua masukan
Formulir Akses
Builder
Rules
Settings
Themes
Share
Integrations Approvals
All Entries 
Access Form
 Pada bagian atas banyak lagi fitur-fitur bawaan untuk melengkapi fitur pokok diatas, seperti dibawah ini :
Bagian Kiri Dasbor
Bentuk umum
Pengakuan & Pengalihan
Notifikasi email
Simpan & Lanjutkan
Keikutsertaan Ganda
Formulir Rentang
Pengaturan Respon
Pengaturan PDF
Penggabungan Dokumen
Pesan Khusus
Field Alias
Kelola Lampiran Formulir
Tugas
Izin Tugas
Filter
Form General
Acknowledgement & Redirects
Email & Notifications
Save & Resume
Double Opt-In
Form Span
Response Settings
PDF Settings
Document Merge
Custom Messages
Field Alias
Manage Form Attachments
Tasks
Task Permissions
Filters


6. Selanjutnya edit semua Form yang kita buat.



7. Pada Bagian “Buider”, adalah fitur yang disiapkan untuk membuat Formulir, ada dua bagian yaitu Basic Field dan advenced Field, Jika membutuhkan Tanda tangan Respondens, kita klik “Advenced Field”, klik “Sighnature” mewajibkan penulisan tanda tangan . Jika selesai klik “Save”



8. Share link Absensi, bagikan kepada semua peserta dengan Klik dibagian atas Dasbor “Share” ada pilihan “Shorten URL” atau menambah QR Code, dan banyak pilihan lain. Menurut saya cukup dua hal ini.


9. Laporan dibuat dengan cara klik “report” dan tambahkan judul dan waktu sesuaikan waktu Indonesia.


Untuk tampilan Zoho Form, klik Show/Hide Colomns. Sedangkan untuk melihat analisis laporan, klik “analystics”. Akan terdapat grafik

Demikian tulisan saya, semoga dipahami dan dapat dipraktikkan serta bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih atas perhatian dan apresiasinya.

Comments

  1. Terima kasih Bu πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Terimakasih Bu Sugiharti atas komentarnya, semoga berkah. Terimakasih kembali

      Delete
  3. Replies
    1. Terimakasih pak tas apresiasinya. Semoga bermanfaat πŸ™

      Delete
  4. Jika buat presensi, apakah lokasi responden bisa direkam otomatis di zohoo, meskipun responden tdk mngaktifkan layanan lokasi?

    ReplyDelete
  5. Assalammualaikum admin, saya membuat dan mengelola zoho form, setelah beberapa hari di pakai , muncul pemberitahuan seperti ini "Form closed.
    Please contact your form administrator for further assistance." administratornya saya sendiri, yang menjadi pertanyaan adalah, 1), apa kah zoho form itu memiliki batas waktu penggunaan? 2) apakah setiap memperbarui zoho kita menggunakan email baru? trima kasih atas jawabannya ya admin


    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah submit nya 500 orang/ bulan ga bisa lagi anak masuk untuk absen,. zoho akan minta upgrade alias berbayar... Tapi bulan berikutnya kita bisa pakai lagi. Jadi kalau sudah penuh sebelum waktunya, kita harus buat akun zoho baru dengan email yg baru pula,,, kalau batas waktu penggunanya tidak ada kalau kita masuk menggunakan google sign in, tapi kalau sign up free seperti nya cuma bisa pakai 1 bulan... Itu setahu saya. Tapi saya jg baru pemula... πŸ˜€

      Delete
    2. Kalo gratis kayaknya gak bisa untuk digunakan pekerjaan yang sebenarnya... saya juga membuat formulir presensi kehdiran kuliah ... ternyata Closed form ... kalo harus bikin akun lagi... betapa repotnya .... maksimum juga hanya 3 formulir yang bisa dibuat pake akun gratis ... menurut saya Zoho form memang bagus... tapi gak gratis saya ketipu ... masih mending Google form ... meski ada keterbatasannya juga yang gratis ... tapi hanya dari sisi fitur tapi data hanya dibatasi pada maks besar Gdrive kita ...

      Delete

Post a Comment