Presentasi Mudah dan Cepat dengan Emaze


Mengenal Emaze

Repot membuat presentasi mendadak, bingung menggunakan animasi ppt, sulit mencari template, itu dulu. sekarang kita bisa gunakan beberapa langkah dengan waktu beberapa menit maka booom πŸŽ‡taraaaaaa🌠. Jadi deh🏁 tak perlu keahlian tingkat dewa. Pasti bisa. 

Saat melaksanakan pembelajaran, perlu mengingat menggunakan media pembelajaran, agar konten pelajaran dapat tersampaikan dengan baik dan menyenangkan. Oleh sebab itu kali ini saya akan mengenalkan salah satu media presentasi lain, selain yang sudah kita kenal seperti, Powerpoint, Microsoft Sway atau Google Slide.

Terkadang saat ingin menggunakan Microsoft PowerPoint, guru sulit men-setting tampilan slide, karena keterbatasan ide, dan sulit mengatur animasi karena tidak tersedia otomatis. Juga template yang tersedia juga masih kosong antara slide satu dengan slide lainnya. Sehingga membuat sebuah powerpoint membutuhkan perencanaan yang lama dan pengerjaan yang lama pula.

Kita bisa juga menggunakan aplikasi PowerPoint lain, karena banyak tersedia secara online, hanya saja, masih terpisah, tidak otomatis mengatur waktu tampilan dan bentuk animasinya tidak otomatis ada.

Untuk tulisan ini sebuah solusi bagi guru agar dapat menggunakan Emaze untuk membuat presentasi yang menarik dan diingat para siswa. Emaze adalah software presentasi online yang dibuat dengan teknologi html5. Penggunanya dapat membuat, menentukan dan membagikan presentasi mereka melalui cloud-based SaaSsystem. Tak hanya buat guru, siswa pun dapat menggunakan alat ini untuk membuat presentasi dengan berbagai topik.

 

Kelebihan Emaze adalah: · 

  1. Tampilannya menarik dengan berbagai bentuk gambar dan tulisan
  2. Template tersedia secara full, dan banyak pilihannya
  3. Dapat di publikasikan secara langsung melalui berbagai bentuk web
  4. Mudah mendownloadnya
  5. Fitur-fiturnya lengkap
  6. Ada pilihan gratis, selain berbayar dengan beberapa model berbayar
  7.  Produk yang dibuat tersimpan dalam akun Emaze atau pada perangkat anda
  8.  Pengoprasiannya mudah dan simple

 

Kelemahan Emaze adalah;

  1. Pengoprasiannya harus online
  2. Bahasa Indonesia belum tersedia
  3. Kendala kuota dan jaringan

 Langkah-langkahnya adalah :

  1. Searching pada laman google, ketik saja : “Emaze presentasi login 
  2. Registasi menggunakan akun google atau akun Facebook, klik “sighn up
  3. Buat presentasi emaze baru dengan cara klik “Create”


  4. Akan ada pilihan inginnya membuat emaze yang bagaimana. Pilihannya : presentasi, web, blog, e-card, photo album. Pilih satu, misalnya pilih presentasi. Atau pilih web, masuk pada web. atau jika punya blog anda bisa pilih blog, sekaligus buat konten blog anda.
  5. Pilih salah satu template yang tersedia.
  6. Untuk mengoprasikannya sama dengan membuat Powerpoint, hanya saja kelebihannya, emaze menyediakan template setiap slide, dengan pilihan yang banyak, tinggal edit, merubah bentuk, ukuran, warna, dan waktu tayangan yang beragam , kita t inggal memilih sesuai selera.
  7. Untuk merubah bagian gambar, text atau bentuk, caranya mengklik bagian yang ingin di ubah, akan muncul berbagai pilihan
  8.  Pengaturan waktu dan animasi sudah include
  9. Produk Emaze dapat disimpan secara ofline dan bentuk, PPT, PDF, atau Video MP4  yang kemudian bisa di upload ke berbagai sosial media termasuk Youtube.
  10. Jika ingin di share, ada beberapa pilihan seperti, web, blog, Instagram, Linkerd, dan Facebook
  11. Untuk pengguna Emaze yang sudah pernah membuat produk emaze, dapat melihat Kembali dengan cara login emaze, dengan cara klik “Home”, dan Klik “My


Demikianlah tulisan saya kali ini, semoga bisa di praktikkan, sehingga saat anda menghadapi tugas presentasi, tidak lagi bingung dan galau, aplikasi ini salah satu untuk anda yang ingin praktis, cepat dan tidak terkendala dengan kemampuan IT yang mumpuni, cukup dengan beberapa tahap, selesai dan ada dapat menjadi seorang ahli. 

Semoga bermanfaat. mohon juga berikan like, komentar dan subscribe untuk blog saya. terimakasih ya. Wassalamualaikum.

Comments

  1. Makasih bu ilmu nya. Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Terima kasih apresiasinya dari semua pembaca hebat blog saya. Silakan membaca tulisan saya yang lain semoga bermanfaat. jangan lupa subscribe, like dan komennya agar saya termotivasi tetap berkarya.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih juga Bu Hj Yuningsih. Selamat ya dapat give away kemarin atas pengisian survey nyaπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  4. Sangat bermanfaat. Terimakasih Bu

    ReplyDelete
  5. Wow keren umi,sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. Semenjak belajar sama ummi, jadi ketularan semangat belajar. Hatur nuhun πŸ™πŸ™

    ReplyDelete

Post a Comment