Melaksanakan Webinar Interaktif dengan Mentimeter


Melaksanakan Webinar Interaktif dengan  Mentimeter

Saat ini Webinar sering dilakukan diberbagai lembaga dan komunitas, ditambah lagi semakin berkembang sejak WFH (Work From Home), dimana lembaga dan komunitas mulai memindahkan rapat, pelatihan, dan konferensi secara online, ada anggapan bahwa tidak ada kedekatan antara peserta dengan Fasilitator, karen fasilitator hanya menyampaikan materi rapat atau pelatihan secara satu arah, peserta sekedar mendengarkan saja.
Mentimeter memberikan kesempatan untuk memastikan anda masih dapat dengan mudah terlibat dengan rekan kerja atau peserta pelatihan anda. Alat ini bekerja jarak jauh atau secara online, sehingga menumbuhkan interaksi antar peserta dan fasilitator,  sehingga peserta rapat atau peserta pelatihan merasa keberadaanya dihargai oleh Fasilitator.
Saya tertarik menuliskan Mentimeter sejak saya mengikuti Webinar dari PBG Gowa, yang saat itu fasilitatornya adalah Bapak Agus, Pengelola PBG Gowa. Ada hal yang berbeda dari Webinar yang pernah saya ikuti sebelumnya, yaitu keikutsertaan pemirsa saat Pak Agus memberikan quiz interaktif berupa pertanyaan ringan mengenai materi yang diajarkan, dan saya menjawab dengan mudah dan sederhana, setelah itu Pak Agus Kembali melanjutkan materinya, sayapun merasa penasaran, apalagi setelah ini  yang akan diberikannya pak Agus kepada peserta. Saat itu saya melihat peserta lain juga menjadi bersemangat untuk tetap mengikuti pelatihannya hingga selesai pelatihan dengan durasi 1,5 jam.
Mentimeter dapat digunakan untuk memeriksa apa yang diketahui peserta tentang suatu subjek - baik sebelum, selama atau setelah rapat atau pelatihan berlangsung. Disamping itu Mentimeter cocok menjaga harga diri peserta, karena tidak ada orang yang terekspos disebabkan tidak dapat menjawab dengan benar.
Menyikapi rasa penasaran saya, kali ini saya tulis tentang Mentimeter.
Kelebihan Mentimeter adalah:
1.    Aplikasi berbasis online gratis
2.    Tidak harus mendownload, sehingga tak menghabiskan memori internal perangkat anda
3.    Bisa disetting menggunakan Bahasa Indonesia
4.    Aplikasinya sederhana layaknya powerpoint
5.    Dapat memuat berbagai model quiz, survey, angket, pertanyaan, dan sebagainya
6.    Gambar dan bentuknya variatif, sehingga menarik dilihat 
7.    Peserta merasa tertantang dan dihargai keberadaannya
8.    Mudah dibuat seketika pelatihan berlangsung atau di simpan dahulu dan ditayangkan pada peserta saat rapat atau pelatihan dilaksanakan
9.    Memiliki template beragam, dengan fitur sederhana namun lengkap
10. Presentasi interaktif untuk semua orang dan hasil nya dapat ditampilkan untuk semua partisipan
11. Presentasi interaktif dengan editor online yang mudah digunakan dan tersimpan otomatis pada akun Fasilitator
12. Bentuk pertanyaan beragam, seperti : jajak pendapat, kuis, slide, gambar, gif, dan lainnya.
13. Presentasi yang menyenangkan dan menarik dengan tampilan ikon grafis beragam bentuk dan warna
14. Dapat digunakan kapan saja atau di mana saja.
15. Bagus untuk pemirsa sedikit dan ataupun banyak
16. Pemirsa tidak harus sighn Up, hanya membutuhkan kode Soal Mentimeter dari Fasilitator.

Disamping kelebihannya yang begitu banyak, masih saja ada kelemahannya yang membuat pengguna belum puas. Antara lain adalah :
1.    Walaupun ada pilihan Bahasa Indonesia, namun oprasionalnya masih dalam Bahasa Inggris.
2.    Untuk pengguna akun gratis, hanya mampu membuat 3 slide saja, selebihnya harus berbayar.

Langkah – Langkah bergabung dan menggunakan Mentimeter adalah :
1.    Serching pada laman google dengan mengetik “mentimeter.com” pilih situs teratas yang di tampilkan
2.    Pada halama situs mentimeter akan ada pilihan dan beberapa fitur. Untuk masuk pada akun Mentimeter anda, klik 'Login". 

3.    Bagi pengguna baru, lakukan sighn Up terlebih dahulu. Ada beberapa pilihan akun, namun saya pilihkan yang mudah menggunakan akun gmail anda. 
  

4.    Setelah masuk pertama, klik Home, dan tambahkan new presentation, atau new folder, untuk membuat beberapa topik presentasi , tulis judul presentasi yang akan dibuat.
5.    Tambahkan pertanyaan, dengan memilih tema dibagian kanan, mengedit pertanyaan dan memilih type pertanyaan yang akan dibuat.
6.    Jika selesai, anda bisa melihat tampilan sementara dengan cara klik Present
7.    Setelah diyakini selesai tak ada kesalahan, anda share presentasi anda pada saat berlangsung, sebelum , atau di akhir rapat dan KBM
8.    Ada tiga cara untuk share content presentasi pada peserta atau partisipan, yaitu: 1. menggunakan kode content, 2. menggunakan link content, dan 3. menggunakan QR Code.
Demikianlah penjelasan saya tentang “Melaksanakan Webinar Interaktif dengan  Mentimeter”. Semoga apa yang saya paparkan dapat dipahami dan di praktikkan oleh Bapak dan ibu semua.  Saya berharap Bapak dan Ibu bisa menjadikan Ruang Rapat dan KBM Online menjadi bermakna dan menyenangkan. Terimakasih sudah membaca tulisan saya, jika berkenan mohon berikan  apresiasi dan komentarnya . Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Comments

  1. Trima kasih bu Siti. Semakin melengkapi pemahaman saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Bu Yoana. Jika ingin lengkap lagi. Bisa juga lihat videonya

      Delete
  2. Terima kasih ibu atas materinya. Izin berbagi infomasi diatas ya bu.

    ReplyDelete
  3. Maaf ibu mau bertanya ini kajian teorinya bisa dilihat dimana ya🙏🙏

    ReplyDelete

Post a Comment