ClassDojo Lucu

Saya termasuk orang yang teledor, Saya sering tertinggal daftar nilai dan buku absensi. Akhirnya saya coba mencari cara untuk mengatasi semua ini dan saya menemukan aplikasi ClassDojo.  Classdojo ini sebenarnya adalah situs web tapi dia juga menyediakan aplikasi untuk di Smartphone. Apa yang bisa dilakukan oleh classdojo itu bisa juga kita gunakan untuk hubungan kita dengan orang tua siswa tapi untuk bagian yang terakhir menghubungkan kita terhadap orang tua siswa itu tidak Saya bahas disini, sebab lumayan rumit jika mengajak orang tua siswa berpartisipasi. sebenarnya lumayan menarik bagi orang tua untuk melihat perkembangan anaknya, tapi melakukan pembelajaran kepada orangtua tentu butuh waktu yang cukup lama di samping tidak semua keluarga di sekolah kami memiliki HP lebih dari satu, kebanyakan berbagi antara siswa dan orang tua.

Memulai menggunakan class Dojo kita bisa masuk ke web ketik www.classdojo.com. Jika anda pertama kali menggunakan aplikasi ini, maka anda akan diminta untuk memasukkan beberapa data silahkan ikuti saja proses yang ada, setelah masuk ke halaman dasbor buat kelas dan beri nama yang dibuat. 

Hal kerennya Anda bisa memasukkan nama-nama siswa sesuai daftar nilai pada file yang sama dengan file Sekolah secara cepat dan praktis, jika anda memasukkan satu persatu tentu ini akan memakan waktu dan menjengkelkan. Oleh karena itu ada cara yang lebih mudah. 

Lakukan cara berikut ini impor student list, tampak ada pilihan, apakah anda mau mengimpornya dari word atau Excel.  Saya pilih import from Excel. Buka file Excel yang ada nama siswanya, blok dan copy paste di classdojo, impor list continue, lanjutkan anda akan mendapatkan file nama siswa.

Masuk ke kelas yang anda buat untuk menambahkan fortopolio siswa atau tugas-tugas nya. Selanjutnya untuk menambahkan kelas lagi, silakan lakukan tahapan yang sama seperti tadi, jika anda sudah memiliki classdojo, maka anda sudah bisa mulai beraktivitas dengan menggunakan smartphone tidak harus menggunakan laptop untuk lebih simpel nya. Langkah yang pertama download dan install dulu ClassDojo dari Play Store. 

Membuat absensi kelas pada HP Android lihat titik tiga di kanan atas, pilih Attendance dan lambang ini untuk hadir lambang Alfa ini untuk telat ini untuk keluar sebelum waktunya nah kemana sakit dan izinnya memang ini kelemahan dari ClassDojo yaitu tak ada ijin dan sakit. kemudian save attandance 

Sekarang bagaimana dengan menilai aktivitas kelas, untuk menilai aktivitas siswa, Anda tinggal pilih sesuai yang diinginkan akan tampil beberapa pilihan aktivitas dan poinnya kemudian tinggal dipilih saja. Anda bisa mengubah point' dengan cara, masuk ke menu "edit skill" lalu kemudian pilih salah satu poin pada tanda panah, menjadi 1, 2 atau berapa yg dipilih. Anda juga dapat menambahkan aspek penilaian lain caranya klik "edit skil"l beri nama aspek yang anda inginkan dan tentukan poinnya lalu save "positif skill". Anda juga bisa menambahkan nilai-nilai yang masih belum ada di aspek point Selesai pengaturan skill positif dan save.

Untuk melihat rekap nilai seorang siswa, klik nama siswa di report. Anda juga bisa menilai kelompok, dan nilai dari kelompok itu akan secara otomatis terdistribusi kepada anggotanya.  Pada aplikasi penilaian yang biasanya kalau kita lakukan selama doa ini akan memakan waktu lama, karena satu persatu. Bagaimana caranya biar cepat. Kita buat kelompoknya terlebih dahulu. Pada student klik "grup",  tambah group dengan mengisi nama grup dan pilih siswanya dalam grup itu,  kemudian lakukan sebanyak kelompok yang anda inginkan. 

Pada Toolkid ada pilihan untuk membantu saat kita mengajar di kelas.

  1. " Timer". Pengingat waktu, 

  2. "Random" Kita bisa mengubah nama kelompok sesuai pembelajaran yang kita lakukan, sama halnya seperti kita mengubah nilai individu siswa dan menilai aktivitas kelas. Untuk mendapatkan  random nama siswa, seperti saat kita bertanya kepada siswa  kita ingin memilih siswa mana yang menjawab pertanyaan, meminta siswa yang mana harus menjawab,  siswa mana yang harus maju ke depan, dan lain sebagainya, Dojo bisa membantu kita random siswa mana yang akan kita pilih caranya pergi ke "toolkit random" dengan sendirinya akan terpilih 1 orang siswa, selanjutnya kita memilih "again"

  3. "Group maker" Untuk pengelompokan siswa lebih mudah dengan memilih secara random, karena satu dan lain hal siswa tidak mau dikelompokkan dengan, oleh sebab itu menyikapinya dengan cara menentukan jumlah kelompok yang kita buat. Maka secara otomatis terbentuk nama kelompok yang random . 

  4. Setelah kita menggunakan HP Android, untuk lebih eksplor lagi. Kita gunakan layar monitor untuk menyampaikan kepada siswa.

  5. "Noise meter" kita bisa mengukur seberapa ribut kelas,  

  6. "Direction" adalah panduan atau langkah pembelajaran agar diketahui siswa kita.

  7. "Music" bisa di putar pada saat kita sdg konsentrasi atau sedang aktivitas.

untuk kali ini saya cukupkan pembahasan tentang Menggunakan Classdojo yang saya gunakan juga dalam pembelajaran dikelas saya, untuk absensi siswa berdasarkan file daftar nama siswa, random siswa saat bertanya dan presentasi, pemilihan kelompok serta penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 

Untuk kesempatan lain, insyaallah saya akan eksplorasi lebih dalam.  

Terimakasih atas apresiasinya. Semoga bermanfaat. Amin Ya Rabbal Alamin. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Comments