Merancang Storyboard Media Animasi

Contoh: Storyboard

Salah satu  tupoksi guru adalah menyampaikan pembelajaran dengan baik. Untuk menyampaikan pembelajaran dengan baik mudah dimengerti oleh siswa kita tentunya tidak terlepas dari penggunaan media pembelajaran yang menyenangkan dan menarik minat, agar siswa  terpancing untuk belajar dan ingin tahu. 

Menjadi seorang guru memang tidak wajib ahli dalam pembuatan media animasi, saat ini banyak media animasi di Youtube atau di Facebook, kita bisa download dengan mudah, namun seorang guru tetap harus belajar bagaimana membuat media animasi agar dapat menyampaikan materi pelajarannya secara menarik dan sesuai dengan konten pelajaran. Disamping itu guru dapat menyimpan hasil karyanya untuk digunakan sebagai Pengembangan diri membuat karya inovatif  yang digunakan sebagai syarat kenaikan golongan khususnya bagi guru PNS yang demikian dapat digunakan sebagai syarat pengembangan diri pembuatan karya inovatif. Syarat untuk dapat di nilai sebagai karya pengembangan inovatif guru tidak bisa dilakukan sembarangan, tentunya harus berdasarkan pentunjuk tekhnis yang tertuang dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka kreditnya Pada Bab V pasal 11 C no 3 dikatakan Jenis karya Inovatif meliputi diantaranya membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum

Salah  satu alat peraga pendidikan adalah  media pembelajaran animasi sederhana maupun kompleks. untuk yang sederhana bisa kita gunakan media animasi instan yang Berbasis online dan banyak terdapat di internet saat ini seperti video animasi : explee, powtoon, Anime Studio, Aurora anime,  dan sebagai.

Dalam membuat video animasi pembelajaran harus mengikuti langkah-langkah yang tepat dan terarah. Fungsinya adalah agar perencanaan yang dibuat sesuai dengan materi pada silabus pelajaran. Adanya rencana yang dibuat menandakan media pembelajaran video animasi tersebut memang asli dibuat oleh guru tersebut. Disamping itu juga perencanaan  dapat memudahkan guru dalam Menciptakan Project animasinya dengan cepat dan terarah. Untuk membuat sebuah video animasi sebelumnya tentukan dulu Papan Cerita (Storyboard). Storyboard adalah papan cerita yang bentuknya menyerupai komik, dimana ada gambar-gambar berurutan yang merangkai alur cerita, fungsinya untuk memvisualisasikan naskah / cerita. Selain memvisualisasikan cerita, storyboard juga berguna untuk memastikan sebuah video bisa diedit dan tidak kekurangan gambar atau tulisan. sehingga cerita yang dibuat terarah.

Guru juga dapat membuat  Storyboard pembuatan animasi pembelajarannya sebagai bukti fisik hasil karyanya dengan berbagai template yang ada. Silakan gunakan template yang disukai untuk hal ini pada buku panduan tidak ditetapkan harus menggunakan type tertentu, yang paling penting dalamnya ada Judul video Animasi  pelajaran,  kompetensi Dasar (khusus bagi alat peraga pembelajaran), nomor slide. Isi slide,  urutan  tampilan,  durasi, dan sebagainya. Untuk kelengkapan Storyboard didiberikan kebebasan bagi pembuatnya masing-masing.

Kali ini saya memberikan Model Storyboard yang bisa digunakan saat pembuatan video animasi alat peraga pembelajaran:

1. Orientasi Potrait 

2. Orientasi Landscape 

Setelah melihat contoh tersebut, saya akan memberikan contoh draft pembuatan Storyboard dalam bentuk Microsoft Word.  ini bisa di modifikasi oleh guru atau siswa saat merencanakan membuat video animasi sendiri, alur cerita dan gambardapat diisi sesuai dengan kebutuhan cerita.  Anda bisa gunakan kreativitas masing-masing untuk memodifikasi atau mengganti dengan model yang lain. 

Link contoh draft Storyboard orientasi  Potrait maououn orientasi Landscape yang dapat di adob dan di modifikasi

Demikian tulisan saya kali ini semoga bermanfaat. Amin Yarabbal alamin.Terima kasih atas perhatiannya

Comments

  1. Terima kasih apresiasinya dari semua pembaca hebat blog saya. Silakan membaca tulisan saya yang lain semoga bermanfaat. jangan lupa subscribe, like dan komennya agar saya termotivasi tetap berkarya.

    ReplyDelete
  2. MANTAAP..TERIMA KASIIH BU MATERINYA

    ReplyDelete
  3. Terima kasih Ibu Sitti atas pemaparan materinya.

    ReplyDelete

Post a Comment