KBM Dengan zoom

PELAKSANAAN KBM MENGGUNAKAN ZOOM CLOUD MEETINGS


Kondisi Indonesia saat ini merebaknya pandemic  Covit 19, berakibat pemerintah melakukan kebijakan lockdown/Social Distracting selama 14 hari, semoga segera selesai dan aman. Siswa dan guru harus tetap dirumah, sehingga tidak bisa melaksanakan pembelajaran di kelas seperti biasanya. Oleh sebab itu harus ada cara lain agar guru tetap mengajar, karena kasihan siswanya tidak mendapatkan pembelajaran begitu lama berakibat bagi kemajuan siswa terhambat dan berdampak bagi Indonesia juga terhambatnya kemajuan generasi muda. 

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan salah satu solusi, agar siswa kita tetap belajar, bertemu dengan guru dan tetap berdiskusi bertemu dengan teman-temannya hanya saja tidak secara langsung di kelas, tetapi lewat aplikasi yang disebut " Zoom cloud meetings".

Manfaat aplikasi Zoom Cloud Meetings adalah:

  1. Guru dan siswa bisa bertatap muka menggunakan video conference, paling tidak melepas kangen antara siswa dan guru

  2. Guru bisa memberikan materi lewat screen share baik materi itu dapat dari Google Drive dari file yang tersimpan, Foto, YouTube atau dari internet lainnya

  3. Aplikasi ini juga bisa berdiskusi antara guru dan siswa, 

  4. Siswa juga bisa mempresentasikan hasil kerjanya dengan mengklik screen share dan mencari file yang ada di HP atau laptop masing-masing

  5. Guru sebagai host dan pengatur rum atau video meeting, bisa mute semua partisipan

  6. Semua partisipan terlihat di layar sebagai daftar absensi bagi guru.

  7. Kalau dibutuhkan juga bisa direkam layar meetings nya

  8. Masuk menggunakan ID meeting yang dibuat oleh guru sebagai host

  9. Waktu bisa diatur disesuaikan dengan kebutuhan

  10. Penjelasan guru bisa dengan menggunakan screen board

dari semua kelebihan Zoom cloud meeting ternyata masih tetap juga ada kelemahannya. Seperti kata pepatah tak ada gading yang tak retak. Tak ada aplikasi yang sempurna. Saya akan sampaikan juga beberapa Apa kelemahan dari Zoom cloud meeting antara lain:
1. Hanya memuat 50 orang partisipan
2. Waktu tayang zoom cloud meeting bagi pengguna gratis hanya 40 menit 
3. Diberitakan ada ada kebocoran data sehingga masyarakat kita khawatir terhadap aplikasi ini. 

Adapun langkah-langkah membuat dan menggunakan zoom cloud meetings adalah sebagai berikut:

  1. Jika menggunakan HP caranya download zoom cloud meeting  📹 pada aplikasi playstore

  2. Sedangkan bagi pengguna komputer atau laptop Masuk halaman google dan search "Zoom Cloud Meetings" pada Google 🔍dan download 📩aplikasinya.

  3. Bila sudah memiliki akun Zoom maka klik sighn in atau masuk, sedangkan bagi yang tidak mempunyai akun Zoom harus sign up menggunakan Google. Klik Google tulis akun Gmail-nya dan password yang sama dengan Gmail nya.

  4. Jika sebagai siswa maka tunggu waktu dan ID Meetings dari guru dan waktu yang ditetapkan oleh guru kemudian buka aplikasi Zoom dan klik "Joint" untuk masuk pada kegiatan pembelajaran hari itu.

  5. Kalau sudah masuk bila sebagai guru maka tentukan pengaturannya ⚙️sesuaikan dengan kebutuhan, seperti: video📹 apa mau ditampilkan atau tidak, suara 🎤apa mau didengarkan atau mute, dan lain sebagainya.

  6. Sebagai guru ataupun siswa dapat share semua yang ada di HP atau pada internet dengan cara klik share screen 📤

  7. Guru sebagai host bisa memberikan izin kepada siswa yang ingin presentasi atau share share screen.

  8. Untuk mengakhiri meeting maka guru sebagai host dapat mengklik "end" untuk menyelesaikan Meetings.

Demikian ulasan saya tentang Kegiatan Belajar Mengajar atau KBM yang sudah saya terapkan bersama siswa saya dengan menggunakan aplikasi online Zoom cloud meetings. 

Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat diaplikasikan pada kelas bapak dan ibu guru masing-masing. Amin ya rabbal alamin. Terima kasih atas perhatiannya dan dukungannya. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Comments