Membuat Presentasi Online Menggunakan Sway

  1. Mengenal Microsoft Sway

Sway adalah sebuah aplikasi bercerita digital yang cerdas dan cepat produk dari Microsoft Office yang sangat bagus untuk proyek atau pembelajaran berbasis masalah. Guru dapat membuat pelajaran interaktif berbasis web, tugas, rekap proyek, buletin, dan banyak lagi langsung dari ponsel, tablet, pada browser. Siswa dapat berkolaborasi dan menggunakan Sway untuk membuat laporan, tugas, proyek, materi belajar, dan portofolio. Sways mudah untuk dibagikan dengan kelas atau dunia, dan tampak menawan pada layar apapun.
Sway bukan software yang harus diinstal pada komputer atau Laptop tetapi merupakan aplikasi yang berbasis web tidak perlu takut data akan hilang karena laptop rusak karena datanya akan tersimpan pada server sway.com. 
Aplikasi gratis ini  membantu mengumpulkan, memformat, dan berbagi ide, cerita, dan presentasi kita di kanvas interaktif berbasis web yang terlihat menarik hampir di layar apa pun. Kita bisa membuat Sway baru dengan mudah dengan menambahkan teks, gambar, dokumen, video, bagan, atau tipe konten lain, dan Sway akan membuatnya terlihat bagus hanya dengan beberapa langkah mudah.
Sehingga bisa dikatakan aplikasi Sway ini sangat cocok untuk guru, mahasiswa, guru, yang akan membuat laporan, resume, presentasi, serta untuk guru yang ingin membuat materi pelajaran lebih menyenangkan.
  1. Perbedaan Microsoft Sway dengan PowerPoint

  1. Sway Tersedia di Sway.com dan Windows 10. sway bisa diakses menggunakan browser. Mozilla, Chrome, explorer, opera mini, dan sebagainya.
  2. File Sway secara otomatis akan tersimpan di Sway.com, Powepoint tersimpan di Komputer local atau One Drive.
  3. PowerPoint hanya bisa mengambil data dari lokal (misal gambar) sedangkan sway bisa mengambil resource dari berbagai sumber, misalkan mengambil video youtube, tweet dan komponen web lain yang berbasis iframe.
  4. Tampilan Sway bersifat Responsive. Artinya tampilannya akan menyesuaikan dengan ukuran layar pengakses. Jika diakses di Smartphone desainnya juga akan mengikuti smartphone. Ini sangat berberbeda dengan Microsoft PowerPoint.
  5. Document sway tidak bisa didownload berbeda dengan PowerPoint yang bentuknya berupa file. Namun sway bisa di eksport ke PDF atau microsoft word
  6. Sway didesain untuk presentasi yang bersifat interaktif dari sisi kontent, sedangkan PowerPoint interaktif dari sisi transisi slidenya.
  7. Sway bisa mengimport PDF, PowerPoint atau docs. Artinya jika ingin mengkonversi PowerPoint ke-sway, maka cukup upload file PowerPoint Anda langsung jadi sway.
  8. Sway bersifat Gratis (sejauh ini) sedangkan PowerPoint berbayar (versi desktop).
  9. Dokumen sway bisa dishare ke jejarig sosial atau di sematkan di Blog.
  10. Sway memungkinkan dibuat dengan cara kolaborasi. Artinya 2 orang atau lebih mengedit dokumen yang sama secara bersamaan.

  1. Memulai membuat File menggunakan Microsoft Sway

  • Buka browsher web dengan mengetik www.office.com atau portal microsoft office.com 
  • Bila memiliki akun microsoft office, maka masuk dengan akun tersebut, 

  • Jika belum punya maka harus membuat akun office dulu, atau bisa menggunakan gmail.

  • Cari aplikasi microsoft sway

  • Buat file baru yang kosong, atau bisa juga menggunakan template bawaan dari Microsoft Sway. 
  • Memasukkan gambar atau video dengan cara klik tanda (+) pada kartu gambar dan pilih gambar dari komputer Anda atau sherching di web. 
  • Untuk memutar hasil dokumen yang kita buat klik tanda putar, untuk berbagi Microsoft Sway dengan orang lain Bagikan Sway Anda dengan 4 pilihan: Orang atau grup tertentu, Orang didalam organisasi Anda yang memiliki tautan, dan Siapa pun yang memiliki tautan. 
  • Sway otomatis tersimpan pada akun microsoft office dan microsoft sway Anda dan tak pelu klik simpan/save. Sway bisa didownload atau di eksport dalam bentuk Ms word atau PDF. Sway bisa di cetak dengan printer setelah Anda ekspor word atau PDF. 

  1. Hal Yang Perlu Diperhatikan pada Microsoft Sway

  1. Sway sangat bagus jika menggunakan layar interaktif, karena pergeseran antara kartu per kartu terlihat menarik
  2. Sway juga bisa menggunakan audio visual, jadi untuk menglengkapi tampilan sway bisa ditambahkan dengan speker dan layar proyektor
Demikian pembahasan saya tentang Microsoft sway, semoga bermanfaat. Saya juga membuatkan Videonya pada link Youtube ini.
https://youtu.be/GzQb5VBmBEY 
 Jangan lupa like dan tankggapannya bagi kemajuan tulisan saya, Terimakasih

Comments

  1. Replies
    1. Saya sudah jelaskan diatas. Kalau belum faham. Bisa lihat YouTube saya

      Delete
  2. Terima kasih apresiasinya dari semua pembaca hebat blog saya. Silakan membaca tulisan saya yang lain semoga bermanfaat. jangan lupa subscribe, like dan komennya agar saya termotivasi tetap berkarya.

    ReplyDelete

Post a Comment