Setelah berbuka puasa dihari ke -18 bulan Ramadhan tahun ini, aku coba beristirahat
santai sejenak sebelum memasuki waktu Sholat Isya dan Taraweh. Kudengar bunyi suara
Handphone bergetar beberapa kali, ternyata saat kubuka ada cukup banyak pesan penting dari Whatsapp group PBG (Pusat Belajar Guru) Karawang.
Dengan rasa penasaran kuperhatikan satu persatu, dan cukup banyak obrolan antara para Guru Inti dan Pengelola digroup tersebut, Kusimak perlahan obrolan itu aku tertarik dengan chat penting antara lain ada undangan dari PSF yaitu dari Bapak Eka Budiharto
selaku Tim Implementasi Program PSF-SDO, mengenai informasi meeting kali ini menggunakan aplikasi
video Confrence yang berbeda dari yang biasa kami gunakan selama ini (Zoom
Cloud Meetings dan Cisco Webex Conference). Kebiasaan penasaranku pada aplikasi
berbau IT mandorongku membuka google untuk mencari informasi tentang Team Microsoft Office.
Mulailah kubuka email masuk pada
akun gmail ku. Tampak ada email masuk, dimana isinya aku diajak untuk mengikuti meeting rutin
Guru Inti Pusat Belajar Guru (GI PBG) Karawang besok.
Aplikasi ini memancing kebiasaan
ngulikku, untuk selalu mencari tahu, mengupas kelebihan dan kekurangan dari sebuah aplikasi, serta membuatkan langlah-langkah untuk join video Meeting dan langkah langkah membuat akun Teaam Microsoft Office 365.
Aplikasi Microsoft Office sudah sering kugunakan membuat file secara online, Presentasi online, Soal Online dan collaborasi bersama dengan teman kerja sesama guru. Hanya saja ada hal menarik yang ingin kutulis dan kubagikan pada oranglain. Untuk itu aku buat artikel kali
ini dengan judul " Meeting GI PBG Karawang Menggunakan Team Video Confrence"
1. Aplikasi
ini adalah produk Microsoft office 365
2. Memiliki
kemampuan melaksanakan meeting Video confrence dengan anggota Team Microsoft
maupun anggota diluar Teams
3. Jenisnya
aplikasi LMS (Learning Manegemen System) dan pembelajaran menggunakan Video
Confrence Serta colaborasi guru maupun pekerja.
4. Penggunaannya
gratis
5. Bisa
digunakan untuk team sekolah, dengan kolaborasi antar guru, dan staff
6. Bisa
digunakan secara Privat sebagai aplikasi khusus lingkungan sendiri dan
organisasi profesi kita.
7. Namun
pengguna bisa mengatur berbagi link untuk masyarak umum lainnya.
8. Pastikan
sudah melakukan singkronisasi Office 365
9. Pastikan
akun Office 365 tidak bermasalah. Dan
10. Pastikan
Anda sudah terkoneksi dengan jaringan Internet.
Join PadaTeam Meeting
1. Untuk masuk join bisa melalui undangan pada
email tadi, klik join this site dan muncul pernyataan “agar team bisa
menggunakan mic anda dan camera anda untuk kegiatan meeting pada broswser ini”
untuk Bahasa inggrisnya tampak pada gambar ini.
2. Setelah masuk meeting Confrence terlihat
tampilang di bagian tengah, camera ku dan mic. Untuk bagian samping kiri ada menu
lain berupa activity, chat, team dalam conference ini, assismen dan kalender
3. Untuk keluar dari acara meeting confrence, klik
close.
Cara Join Teams Office 365
2.
Masuk akun Team dengan cara buka portal office
login, jika sudah memiliki akun Microsoft
office, namun jika belum, ketik portal office.com.
4.
Setelah berhasil masuk kemudian akan terbuka
fitur-fitur Teams Microsoft Office 365 seperti tampak pada gambar. Untuk
membuat team baru klik “creat a Team dan untuk join sebagai anggota, kita klik
“joint Team With a code. Agar tampilan team ada pada halaman dasbor laptop atau
PC caranya downlod aplikasinya terlebih dahulu.
5.
Langkah pertama membuat team. Bisa menambahkan
Team dari kelas yang kita ajar, caranya klik Class.
Cara
Menambahkan Class Teams
- Apabila kita ingin membuat team meeting pribadi sebagai guru bisa dengan cara “ Create Team” maka akan ada empat fitur pilihan : Class ( untuk team pada kelas yang kita ajar), Profesional Learning Community ( seperti kelompok MGMP), Staff ( seperti staff pada sekolah kita. Atau other ( team lainnya)
- Untuk membuat team pada kelas yang kita ajar klik Class dan buat nama team serta deskripsikan penjelasan tentang team ini pada siswa kita setelahnya klik “Next”.
- Melengkapi kelas yang sudah kita buat, caranya klik titik tiga mendatar dan muncul pilihan antara lain: manege] team, add channel, add member, leave the team, edit team, get link to team, manage tag, dan delet team. Sedangkan untuk memulainya pilih “ Choose Where You Want to Start”.
- Ada du acara memasukkan peserta kelas team, pertama dengan kode kelas dan bagikan pada partisipan, atau siswa. Kedua, add member dengan cara memasukkan email partisipan atau siswa kita, pastikan emailnya sudah kita ketahui.
- Tambahkan channel berupa upload kelas material dan pilih yang sesuai materi pelajaran dikelas tersebut. upload berupa file (document, image, video dll) dengan cara bisa dengan upload dari perangkat kita, share link atau open in share point
- Kita bisa membagikan link kelas pada semua orang, atau khusus hanya pada peserta kelas saja.
Cara membuat group di teams
Selain membuat kelas bisa juga
kita tambahkan grop lain seperti MGMP, Guru Inti, dan lain sebagainya.
3.
Pilihan privasi antara lain: Private atau
Public.
4.
Klik Next untuk lanjut Langkah berikutnya.
5.
Kemudian tambahkan anggota
6.
group, cari berdasarkan nama atau username
Office 365.
7.
Klik Add untuk menyimpan anggota.
8.
Anggota yang ditambahkan otomatis menjadi
member, akan tetapi anggota bisa diganti menjadi Owner.
9.
Klik Close jika sudah selesai.
1. Masuk
ke Teams.
2. Klik
Menu Teams
3. Pilih
dan klik group yang akan digunakan untuk upload file.
4. Kemudian
klik tab atau menu Files.
Ada dua cara upload
file pada group teams, yaitu :
1. Klik
menu upload untuk upload file dari direktori Pc/laptop.
2. Mengunakan
drag and drop file dari direktori Pc/laptop langsung ke direktori teams.
Ketentuan upload
file adalah :
1. Batas
upload file 1 kali upload
2. hanya
boleh 10 file.
3. File
Berhasil diupload.
Edit file baru di group teams
1. Klik
menu “New”
2. Pilih
jenis file yang akan dibuat
3. Masukan
nama file yang akan dibuat.
4. Klik
“create”
Edit file Lama di group teams
1. Pilih
File Yang Sudah Yang Akan Diedit.
2. Klik
Ikon ... Pojok Kiri Yang Pilih.
3. Anda
Bisa Mengedit File Dengan 3 Cara
a.
Cara Pertama Menggunakan Teams.
b.
Cara Kedua Menggunakan Microsoft 365
c.
Cara Ketiga Menggunakan Office 365 Desktop.
Microsoft Teams Online Meeting
1.
Masuk pada halaman kelas Team anda. Klik Teams,
klik General. Pada tampilan bagian tengah, ada ikon video, klik untuk
menjadwalkan sceadul meeting secara online.
2.
Buka ikon video, lakukan meeting sekarang, atau
jadwalkan meeting anda pada teams. Klik Meet now, jika ingin melakukan
pertemuan saat ini juga. Anda juga dapat menonaktifkan video jika tidak ingin
gambar Anda terekam dengan mengklik tombol off.
4.
Klik “Schedule a meeting”, untuk melakukan rapat
beberapa waktu ke depan. Ketik judul rapat, anggota, waktu, tempat, dan deskripsi
sesuai dengan agenda rapat pada Details Meeting, kemudian klik Send. Anda juga
dapat menambahkan anggota di luar member Teams Anda. Tetapkan waktunya, tetapkan
juga daerah waktunya dan lokasinya.
5.
Jadwal rapat akan muncul pada tab conversation
6.
Untuk informasi meeting bisa menggunakan
informasi bagi semua peserta class, atau bagikan melalui email yang tersimpan.
Untuk lebih jelas lagi, anda bisa menonton Video di Youtube saya.
Demikian artikel saya tentang kelebihan, dan cara-cara mengakses Team meeting sebagai learning manegemen system dan Meetings conference. Semoga bermanfaat untuk semuanya, Terimakasih atas perhatiannya. Jangan lupa like and comment ya
mantap umi.
ReplyDeletelebih mudah dipajari ya
Luar biasa langsung dieksekusi
DeleteMakasih bu siti aisyah ilmu-ilmunya
Demi memajukan ilmu dan blogspot saya pribadi. Saya upayakan maksimal di lahan saya pribadi. Amin Ya Rabbal Alamin
DeleteTerimakasih Bu wiyati support nya sama saya. Semoga Bermanfaat Bu. Amin Ya Rabbal Alamin
ReplyDelete