POWTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF


POWTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF


  1. Mengenal Aplikasi PowToon

Banyak cara membuat video pembelajaran yang menarik dan mudah sebagai alat Untuk menginformasikan pembelajaran kita pada siswa, sehingga tampilannya disukai, dipahami dan dimengerti oleh siswa kita.
Membuat video pembelajaran memang cukup sulit membutuhkan waktu pemikiran dan kecakapan IT yang lumayan.
PowToon adalah solusi bagi guru yang ingin membuat video pembelajarannya sendiri secara sederhana dan mudah seperti bercerita kepada siswanya di depan kelas, karena Powtoon memiliki banyak kebihan seperti 
  • PowToon memiliki template yang premium dan berbayar, Guru bisa memanfaatkan fitur-fitur gratis maupun premium, sehingga dapat menciptakan video seperti layaknya seorang ahli karikatur dan ahli kartun.

  • Tidak perlu mendownload aplikasi, sehingga memenuhi memori perangkat kita, cukup online dengan mendaftarkan diri menggunakan akun yang sudah ada seperti Gmail, Facebook, Microsoft office 365, atau linkedln untuk dapat menggunakan aplikasi PowToon pada perangkat baik berupa komputer, laptop ataupun HP Android.


  • Pada PowToon terdapat banyak template, musik, contoh video, dukungan suara, yang dapat kita buat tinggal mengklik pilihan yang kita sukai.


Guru dapat mengatur Line time video secara sederhana dan merubah posisi tampilan secara sederhana pula. Maksimal satu slide 20 second atau 20 detik.

Guru juga bisa menambahkan suaranya sebagai narator untuk dapat mendekatkan diri kepada siswa seperti saat mengajar di kelas. Maksimal satu Time Line 20 second atau 20 detik

Oleh sebab itu, kali ini saya akan mengupas tentang bagaimana membuat video pada PowToon secara sederhana dengan menggunakan template dan fitur-fitur pada PowToon.

  1. Langkah-langkah Membuat Video Pada PowToon

  1. Searching pada Google dengan cara ketik "www.powtoon.com" pilih video maker make video animation online.

  1. Masuk dengan akun PowToon bila sudah memiliki tetapi jika belum, sign up menggunakan akun Google,  Facebook, office 365 atau linkedln.
  2. Akan ada tampilan contoh video-video atau template dalam bentuk explainer video, marketing video, infografic video, presentation, dan video add atau video lainnya yang merupakan template bawaan dari PowToon. Juga tersedia Blank PowToon dan import PowerPoint
  3. Pilih salah satu template yang ada, bisa juga gunakan Blank PowToon (video kosong) atau impor PowerPoint yang dimiliki. Saran saya bagi pengguna baru pilih template yang ada untuk memudahkan membuat video pembelajaran sesuaikan dengan materi ajar.
  4. Siapkan materi pembelajaran yang akan dibuat. 
  5. Membuat PowToon tampilannya seperti PowerPoint, slide per slide yang bisa kita tambah dengan, audio berupa narasi, musik yang tersedia atau tersimpan di perangkat dengan cara add: my music ataupun my voiceovers pada semua slide atau setiap slide satu dengan slide lainnya berbeda audio .
  6. Edit judul pada bagian atas dua kali, untuk membuat judul video.
  7. Tambahkan background dari fitur yang ada di PowToon atau gambar yang tersimpan pada perangkat .
  8. Untuk menambah tulisan klik tanda ”T". Akan muncul kolom tulisan dan pilih tulisan yang dibutuhkan dengan mengklik dua kali untuk mengeditnya. 
  9. Buat slide pertama, pilih slide opening, klik dua kali untuk merubah judul materi dan nama guru pembuat video. Untuk mengetahui tampilan slide video yang  dibuat bisa klik tanda play ▶️ apakah time line sudah sesuai, terlalu panjang atau terlalu pendek. Untuk merubahnya: drag ke kanan untuk menambah durasi atau ke kiri untuk mengurangi durasi tampilan.
  10. Untuk menambah karakter orang pilih.
  11. Bisa juga menambahkan shapes untuk mempercantik video karikatur atau kartun.
  12. Jika dibutuhkan tambahkan gambar yang tersimpan di perangkat ataupun yang ada pada aplikasi PowToon.
  13. Untuk audio bisa kita hilangkan pada silde tertentu saat kita menyisipkan video baru yang mempunyai suara bawaan.
  14. Jika kita anggap sudah selesai maka klik export. Akan ada tampilan create your personal powtoon player page. Pilih sosial media seperti: YouTube atau Facebook untuk mempublish hasil karya kita atau download dalam bentuk PPT atau PDF.  Sedangkan dalam bentuk MP4 menggunakan aplikasi berbayar. Tapi jangan khawatir download saja setelah kita publish di channel YouTube.

Demikian ulasan saya tentang memanfaatkan PowToon sebagai media pembelajaran menarik dan menyenangkan berbasis online. Semoga dapat dimanfaatkan dan dipraktekkani kepada siswa kita dan menambah kualitas sebagai guru. Terima kasih atas waktunya untuk membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat. wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Comments

  1. Terima kasih atas apresiasinya terhadap tulisan saya semoga bermanfaat. mohon berkenan like subscribe dan komentarnya ya terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment