Membuat Soal Puzzle

  

A.    Membuat Quiz Bentuk Puzzle

Awalnya dimulai saat saya bersama Pak Wijaya ketua FKGIPS Nasional berkolaborasi dalam pembelajaran IT untuk guru. Saat itu beliau mengajarkan tentang TTS pada Aplikasi Puzzle Maker Education. Untuk itu saya terinspirasi membuat tulisan ini dengan meng-eksplor berbagai Puzzle yang ada pada aplikasi ini.
Akhirnya saya cukup banyak menemukan berapa keuntungan menggunakan aplikasi ini tidak hanya membuat TTS melainkan beberapa evaluasi pembelajaran lain.
Sungguh banyak bentuk evaluasi yang bisa kita buat dengan menggunakan aplikasi Puzzle Discovery Education. tentu sangat disukai oleh guru maupun siswa, sehingga ketika membuat soal tidak hanya satu jenis puzzle saja. Permainan Puzzle ini asik dimainkan di kelas maupun di rumah Bersama teman-teman, apalagi saat sedang belajar dirumah seperti sekarang.
Untuk itu saya kupas secara sederhana pada tulisan ini.

  1.  Kelebihan Puzzle Discovery Education

1.    Aplikasinya tidak perlu di-download
2.    Dapat tersimpan dalam bentuk word sehingga bisa kita edit dengan menambahkan nama kelas dan sebagainya
3.    Penggunaannya simple dan mudah
4.    Dengan satu paket pertanyaan bisa dibuat beberapa jenis puzzle
5.    Untuk meng-import maupun meng-eksport bisa dengan cara copy Paste

MENGAWALI  Membuat puzzle

  • Cari pada laman Google ketik "Puzzle Discovery Education"
  • Pilih satu jenis puzzle yang kita ingin buat. Disini terdapat 10 jenis evaluasi menggunakan puzzle discovery education seperti dibawah ini:

1)    Pencarian kata (Word Search)
2)    Teka teki silang (Criss Cross)
3)    Puzzle ganda (Double Puzzle)
4)    Teka-teki frasa (Fallen Phrases)
5)    Kota puzzle (Math square)
6)    Labirin (Mazez)
7)    Ubin kata (Letter Titles)
8)    Teka teki Kryptogram (Cryptogram)
9)    Puzzle blok bernomor (Number Block)
10) Pesan Tersembunyi (Hidden Message)

1    

 Langkah-langkah Membuat puzzle

     Cari pada laman Google ketik "puzzle discovery education"
   
       Pilih opsi puzzle pencarian kata. Ada 3 pilihan pencaharian yaitu :
§  Gunakan setiap huruf hanya sekali (Bagikan surat sebanyak mungkin).
§  Kadang-kadang berbagi soal (Share letters occasionally).
§  Bagikan surat soal sebanyak mungkin (Share letters as much as possible)
§  Pilih jenis output puzzle pencarian kata.
Pilih opsi ini jika Anda berencana untuk mencetak puzzle langsung dari browser ”Teks”.
Teks” (Tektx). Pilih opsi ini jika Anda berencana memotong dan menempelkan puzzle ke aplikasi yang berbeda.
“Teks Huruf Kecil” (Lowercase Text). Sama seperti "Teks" kecuali huruf-huruf kecil.
5.   Masukkan kata-kata Anda. Pisahkan kata-kata Anda dengan koma, spasi atau ketikkan setiap kata pada baris baru. Karakter apa pun yang bukan huruf akan dianggap sebagai spasi.
Periksa puzzle Anda. Puzzle maker menggunakan filter kata untuk mencegah penciptaan acak kata-kata yang ofensif. Setelah Anda membuat puzzle, baca ulang dengan cermat untuk memeriksa penempatan kata-kata yang tidak diinginkan yang dibuat oleh kombinasi huruf acak.
Anda dapat membuat ulang teka-teki Anda dengan memilih tombol "Kembali" di browser Anda dan menekan tombol "Buat" lagi. Hasilnya seperti ini:

INTERAKSI ANTAR RUANG
Cari 10 Kata yang berkaitan dengan Interaksi antaruang materi IPS kelas VII Semester Ganjil. Lingkari pilihanmu!
Y T I L I B A R E F S N A R T
D T R U F T U U B Q R I Q Z U
W G I A P A Y V J J S M L Y I
T D Q R N B F A Q A V O R Z D
C T H G A S F J K R I B E K I
M N H Y D T P I N A D I T L I
D T L O W K N O E K E L L A S
G P W O N U R E R K O I A H X
X W Y T M H H R M T C T K Q F
X E N O P D N A H E A A F F X
F T K Q R U P S L G L S I K E
A M Q P Q G X A F R L P I L K
U B K P F Z C P E T W J M G J
V I V I C J M E C Y K W C O Y
K B E F P V A G X Q M I F H C

  Teka teki silang (Criss Cross)
a.    Masukkan judul teka-teki silang Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter.
b.    Masukkan jumlah kotak untuk puzzle Anda, maximal Lebar 50, dan Tinggi 50.
c.    Masukkan ukuran kotak. Tentukan ukuran setiap kotak. Maximal 30 adalah ukuran standar.
d.    Masukkan kata dan petunjuk Pada setiap baris masukkan kata kunci menggunakan huruf Kapital (jawaban pertanyaan) spasi dan kemudian petunjuk untuk kata itu (Soal).
Format soal bisa di copy dengan cara darag semua kemudian blok dan paste ke Microsoft word. Contohnya “ RUANG Tempat tinggal makhluk hidup”. Dimaksudkan “RUANG” (Jawaban) dan “Tempat tinggal makhluk hidup” (soal). Contoh hasilnya seperti ini :
Jawabannya Mendatar :





Puzzle Ganda (Double Puzzle)
a.    Masukkan judul Puzzle Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter.
b.    Masukkan kata-kata Anda. Masukkan setiap kata atau frasa pada barisnya sendiri.
c.    Masukkan kata atau frasa terakhir untuk puzzle Anda. Masukkan kata atau frasa yang akan
d.    dibuat dengan menggabungkan huruf-huruf dari kata-kata input pada kotak di atas.

  • Ungkapan terakhir terdiri dari huruf-huruf dari kata-kata petunjuk yang Anda masukkan diatas. Pilihannya : Huruf-hurufnya dapat diacak, untuk memberikan pemecah tantangan lain, atau soal-soal dapat diberi nomor, membuat teka-teki sedikit lebih mudah untuk dipecahkan.




Puzzle Menemukan Frasa (Fallen Phrase  (Fallen  

  1. Masukkan judul Puzzle Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter.Masukkan frasa Anda. 
  2. Masukkan frasa yang harus dipecahkan. Frasa panjangnya harus minimal 40 karakter. Sebelumnya usahakan frasa tersebut ada dalam tema yang sama, jadi siswa mudah menebaknya.
Contoh hasilnya seperti ini :


Cari kata-kata yang berhubungan dengan “Interaksi antar Ruang” . untuk mengisinya pilih kata yang terbentuk “Menemukan Frasa” (Fallen Phrase) untuk menjawabnya perhatikan soal ini:

1)    Tempat tinggal makhluk hidup
2)    Kondisi saling melengkapi yang terjadi jika ada wilayah-wilayah yang berbeda komoditas.
3)    Faktor penyebab beralihnya membeli dipasar sekitar rumah.
4)    Tempat berkumpul pedagang dan pembeli
5)    Interaksi melalui perpindahan suatu ide atau gagasan dan informasi.
6)    Interaksi melalui perpindahan barang atau energi.
7)    adalah kegiatan komunikasi dengan video
8)    alat komunikasi jarak jauh
9)    Pepindahan Penduduk dari luar negeri ke dalam negeri
10) Komunikasi langsung dua arah


Puzzle Matematika (Math square)

Puzzle ini berguna untuk pelajaran berhitung atau matematika. Langkah-langkah membuat Puzzle adalah:Masukkan ukuran kotak matematika Anda.  Paling kecil 2 x 2 atau paling besar 10 x 10. Dimensi harus sama (persegi). Masukkan angka pilihan anda di bawah kotak ini, ukuran kotak tergantung tingkatan kelas, jika tingkatan dasar maka pilih 2 sampai 4, jika tingkatan lebih tingg bisa angkanya lebih besar.
  1.  Pilih metode perhitungan untuk formula. Diutamakan Operator baku, ada dua pilihan.
1)    Pilih opsi ini dengan cara bulatkan tombolnya, jika Anda ingin rumus dalam kotak matematika untuk menggunakan prioritas operasi baku, yang berarti perkalian dan pembagian dilakukan sebelum penambahan dan pengurangan. Ini sesuai yang digunakan di Indonesia
2)    Pilih Dari kiri ke Kanan dengan cara bulatkan tombolnya, jika Anda ingin rumus dalam kotak matematika dihitung dari kiri ke kanan.
d.    Tunjukkan instruksi. Centang kotak ini jika Anda ingin instruksi muncul di bawah puzzle.
Berhitung Cepat
Petunjuknya : Cobalah untuk mengisi angka yang hilang. Gunakan angka 1 hingga 9 untuk menyelesaikan persamaan. Setiap angka hanya digunakan satu kali. Setiap baris adalah persamaan matematika. Setiap kolom adalah persamaan matematika. Ingatlah bahwa penggandaan dan pembagian dilakukan sebelum penambahan dan pengurangan.

Puzzle Mazes (Labirin)
a.    Masukkan judul Labirin Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter.
b.    Pilih bentuk labirin Anda yang di sukai. Pilih bentuk dengan mengklik tombol yang sesuai pada kotak di bawah ini
1)      Empat persegi panjang
2)      Cut-Out
3)      Lingkaran / Oval
4)      Roda
5)      Melarikan diri
a.    Masukkan ukuran labirin Anda. Labirin bisa berukuran 80 X 80. Misalnya : Lebar (W) 40, Tinggi (H) 40,  Tambahan (A) , 5. Semakin sedikit lebarnya dan tingginya semakin mudah.
b.    Masukkan jumlah piksel yang Anda inginkan untuk setiap kotak labirin (maze). Jika labirin Anda lebih besar dari 40 X 40, nilai ini harus 8 atau kurang.
c.    Pilih gaya isian untuk labirin. komputer dapat menggunakan metode yang berbeda. Caranya klik dan bulatkan pilihan tombol dibawah ini:
1)    Jalur Acak (Random Paths)
2)    Kebanyakan Jalur Horisontal (Mostly Horizontal Paths)
3)    Sebagian Besar Jalur Vertikal (Mostly Vertical Paths)
4)    Jalur Kotak-kotak (Checkerboard Paths)
5)    Kotak Konsentris (Concentric Squares)
6)    Ke dalam X (Inward X)
                Hasil nya dapat dilihat pada gambar ini



 Puzzle Ubin Soal (Letter Tiles).
Cocok untuk game didalam ruangan maupun diluar ruangan, bisa menjadi frasa tersembunyi kantong atau amplop.
a.    Masukkan judul Puzzle Ubin Soal (letter tiles) Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter. Contoh “Benda dirumah”
b.    Masukkan frasa yang akan diacak. Misalnya berkaitan dengan “Benda dirumah”
c.    Berapa banyak huruf yang harus ada disetiap ubin? Tiga adalah angka tipikal. Bisa anda pilih :  Dua, Tiga, atau Empat. Caranya klik tombol dan bulatkan warnanya.
d.    Tunjukkan instruksi. Centang kotak ini jika Anda ingin instruksi muncul di bawah puzzle.
e.    Tunjukkan area jawaban. Centang kotak ini jika Anda ingin kotak kosong muncul di bawah ubin. Kotak-kotak ini akan memberi pemecah tempat untuk menulis surat.
Hasilnya seperti ini :

Instruksinya :
Pisahkan ubin untuk mengungkapkan pesan. Masukkan guntungan puzzle ubin kata, Dan tempel pada ubin kosong dibawahnya

Puzzle Kriptogram (Cryptogram).
Puzzle ini cocok untuk game didalam ruangan maupun diluar ruangan, bisa menjadi frasa tersembunyi kantong atau amplop.
a.    Masukkan judul Puzzle Kriptogram (Cryptogram). Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter. Contoh “Negara Negara di Benua Asia”
b.    Masukkan frasa yang akan diacak. Misalnya:  “Nama negara di Benua Asia” (sesuai keinginan)
c.    Pilih gaya karakter. Pilih jenis karakter yang ingin Anda gunakan untuk mengganti huruf dalam frasa. Klik tombol warna : Angka, Kata Bahasa Inggris, Kata huruf Yunani.
d.    Berikan surat Anda dapat memilih untuk memberikan beberapa huruf dalam cryptogram untuk membuat soal memulai. Masukkan huruf yang ingin Anda berikan dibawah. Pisahkan setiap huruf dengan spasi. Hasilnya sebagai berikut Saya membuat alat bantu kata A I U E O, artinya siswa diminta mencari kata lain berkaitan Negara-negara di Benua Asia



Puzzle Nomor Blok (Number Block)
         Puzzule ini bisa digunakan untuk game angka terutama saat belajar Matematika, atau game uji kecerdasan lainnya.
a.    Masukkan judul Puzzle Nomor Blok (Number Block). Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter.
b.    Masukkan ukuran blok nomor Anda. Blok angka Anda bisa sekecil 3 x 3 atau paling besar 10 x 10. Dimensi harus sama. Masukkan nomor pada kotak.
c.    Masukkan nilai minimum dan maksimum untuk angka dalam kotak. Tentukan kisaran angka untuk nilai-nilai kisi. Semakin kecil kisaran angka, semakin mudah puzzle. Minimum 0 dan Maksimum 9
d.    Masukkan jumlah sel yang akan kosong. Banyak sel kosong, semakin sulit teka-teki itu. Kadang-kadang, sebuah puzzle akan dihasilkan yang mengungkapkan persamaan yang dapat dipecahkan oleh lebih dari satu kombinasi angka Kosong, misalnya  isi angka “5”.
e.    Tunjukkan instruksi.  Centang kotak ini jika Anda ingin instruksi muncul di bawah puzzle.
Hasil Puzzle ini contohnya adalah seperti ini, saya masukkan 2 contoh puzzle berbeda :
   
Cobalah untuk mengisi angka yang hilang. Angka yang hilang adalah bilangan bulat antara 0 dan 9. Angka-angka di setiap baris bertambah hingga total ke kanan. Angka-angka di setiap kolom menambahkan hingga total di sepanjang bagian bawah. Garis diagonal juga menjumlahkan total kekanan.

Pesan Tersembunyi (Message to be Hidden).
a.    Masukkan judul untuk pencarian kata Anda. Judul akan muncul di bagian atas halaman Anda.perlu di ketahui, Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter.
b.    Masukkan pesan yang akan disembunyikan dalam puzzle pencarian kata Anda. Huruf-huruf dalam pesan akan disembunyikan di antara kata-kata yang Anda masukkan pada kotak. Ketika orang yang memecahkan teka-teki menemukan semua kata, pesan yang tersembunyi akan terungkap
c.    Masukkan ukuran puzzle pencarian kata Anda
d.    Teka-teki Anda bisa hingga 40 huruf samping dan 40 huruf kebawah dan masih muat di satu halaman. Ukuran puzzle optimal adalah 15 huruf kesamping dan  15 huruf. Ke bawah
e.    Jenis output puzzle pencarian kata dapat dipilih diantara 3 ini :
1)    HTML. Pilih opsi ini jika Anda berencana untuk mencetak puzzle langsung dari browser.
2)    Teks. Pilih opsi ini jika Anda berencana memotong dan menempelkan puzzle ke aplikasi yang berbeda.
3)    Teks Huruf Kecil. Sama seperti "Teks" kecuali huruf-huruf kecil.
f.     Periksa puzzle Anda. Puzzlemaker menggunakan filter kata untuk mencegah penciptaan acak kata-kata yang ofensif. Setelah Anda membuat puzzle, baca ulang dengan cermat untuk memeriksa penempatan kata-kata yang tidak diinginkan yang dibuat oleh kombinasi huruf acak. Anda dapat membuat ulang teka-teki Anda dengan memilih tombol "Kembali" di browser Anda dan menekan tombol "Buat" lagi.
            Hasilnya dapat dilihat pada contoh ini :

          Demikian tulisan saya, semoga bermanfaat. Amin Ya Rabbal Alamin

Comments

Post a Comment