A. Membuat Quiz Bentuk Puzzle
Awalnya dimulai saat saya
bersama Pak Wijaya ketua FKGIPS Nasional berkolaborasi dalam pembelajaran IT untuk
guru. Saat itu beliau mengajarkan tentang TTS pada Aplikasi Puzzle Maker
Education. Untuk itu saya terinspirasi membuat tulisan ini dengan meng-eksplor
berbagai Puzzle yang ada pada aplikasi ini.
Akhirnya saya cukup
banyak menemukan berapa keuntungan menggunakan aplikasi ini tidak hanya membuat
TTS melainkan beberapa evaluasi pembelajaran lain.
Sungguh banyak bentuk
evaluasi yang bisa kita buat dengan menggunakan aplikasi Puzzle Discovery
Education. tentu sangat disukai oleh guru maupun siswa, sehingga ketika membuat
soal tidak hanya satu jenis puzzle saja. Permainan Puzzle ini asik dimainkan di
kelas maupun di rumah Bersama teman-teman, apalagi saat sedang belajar dirumah
seperti sekarang.
Untuk itu saya kupas
secara sederhana pada tulisan ini.
- Kelebihan
Puzzle Discovery Education
1.
Aplikasinya
tidak perlu di-download
2.
Dapat
tersimpan dalam bentuk word sehingga bisa kita edit dengan menambahkan nama
kelas dan sebagainya
3.
Penggunaannya
simple dan mudah
4.
Dengan
satu paket pertanyaan bisa dibuat beberapa jenis puzzle
- Cari pada laman Google ketik
"Puzzle Discovery Education"
- Pilih satu jenis puzzle yang
kita ingin buat. Disini terdapat 10 jenis evaluasi menggunakan puzzle discovery
education seperti dibawah ini:
1) Pencarian
kata (Word Search)
2) Teka
teki silang (Criss Cross)
3) Puzzle
ganda (Double Puzzle)
4) Teka-teki
frasa (Fallen Phrases)
5) Kota
puzzle (Math square)
6) Labirin
(Mazez)
7) Ubin
kata (Letter Titles)
8) Teka
teki Kryptogram (Cryptogram)
9) Puzzle
blok bernomor (Number Block)
10) Pesan
Tersembunyi (Hidden Message)
1
Pilih opsi puzzle pencarian kata. Ada 3 pilihan pencaharian yaitu :
Langkah-langkah Membuat puzzle
Cari pada laman Google ketik "puzzle discovery
education"
Pilih opsi puzzle pencarian kata. Ada 3 pilihan pencaharian yaitu :
§ Gunakan setiap huruf hanya sekali (Bagikan
surat sebanyak mungkin).
§ Kadang-kadang berbagi soal (Share letters
occasionally).
§ Bagikan surat soal sebanyak mungkin (Share
letters as much as possible)
§ Pilih jenis output puzzle pencarian kata.
Pilih opsi ini jika Anda berencana untuk mencetak puzzle langsung dari
browser ”Teks”.
Teks” (Tektx). Pilih opsi ini jika Anda berencana memotong dan menempelkan
puzzle ke aplikasi yang berbeda.
“Teks Huruf Kecil” (Lowercase Text). Sama seperti "Teks" kecuali
huruf-huruf kecil.
5. Masukkan kata-kata Anda. Pisahkan kata-kata
Anda dengan koma, spasi atau ketikkan setiap kata pada baris baru. Karakter apa
pun yang bukan huruf akan dianggap sebagai spasi.
Periksa
puzzle Anda. Puzzle maker menggunakan filter kata untuk mencegah penciptaan
acak kata-kata yang ofensif. Setelah Anda membuat puzzle, baca ulang dengan
cermat untuk memeriksa penempatan kata-kata yang tidak diinginkan yang dibuat
oleh kombinasi huruf acak.
Anda dapat
membuat ulang teka-teki Anda dengan memilih tombol "Kembali" di
browser Anda dan menekan tombol "Buat" lagi. Hasilnya seperti ini:
INTERAKSI ANTAR RUANG
INTERAKSI ANTAR RUANG
Cari 10 Kata yang berkaitan dengan Interaksi antaruang
materi IPS kelas VII Semester Ganjil. Lingkari pilihanmu!
Y T I
L I B A R E F S N A R T
D T R
U F T U U B Q R I Q Z U
W G I
A P A Y V J J S M L Y I
T D Q
R N B F A Q A V O R Z D
C T H
G A S F J K R I B E K I
M N H
Y D T P I N A D I T L I
D T L
O W K N O E K E L L A S
G P W
O N U R E R K O I A H X
X W Y
T M H H R M T C T K Q F
X E N
O P D N A H E A A F F X
F T K
Q R U P S L G L S I K E
A M Q
P Q G X A F R L P I L K
U B K
P F Z C P E T W J M G J
V I V
I C J M E C Y K W C O Y
K B E
F P V A G X Q M I F H C
Teka
teki silang (Criss Cross)
a.
Masukkan
judul teka-teki silang Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda.
Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter.
b.
Masukkan
jumlah kotak untuk puzzle Anda, maximal Lebar 50, dan Tinggi 50.
c.
Masukkan
ukuran kotak. Tentukan ukuran setiap kotak. Maximal 30 adalah ukuran standar.
d.
Masukkan
kata dan petunjuk Pada setiap baris masukkan kata kunci menggunakan huruf
Kapital (jawaban pertanyaan) spasi dan kemudian petunjuk untuk kata itu (Soal).
Format soal bisa
di copy dengan cara darag semua kemudian blok dan paste ke Microsoft word.
Contohnya “ RUANG Tempat tinggal makhluk hidup”. Dimaksudkan “RUANG” (Jawaban)
dan “Tempat tinggal makhluk hidup” (soal). Contoh hasilnya seperti ini :
Jawabannya Mendatar :
|
|
Puzzle
Ganda (Double Puzzle)
a. Masukkan judul Puzzle Anda. Judul akan muncul
dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter.
b. Masukkan kata-kata Anda. Masukkan setiap kata atau
frasa pada barisnya sendiri.
c. Masukkan kata atau frasa terakhir untuk puzzle
Anda. Masukkan kata atau frasa yang akan
d. dibuat dengan menggabungkan huruf-huruf dari
kata-kata input pada kotak di atas.
- Ungkapan terakhir terdiri dari huruf-huruf dari kata-kata petunjuk yang Anda masukkan diatas. Pilihannya : Huruf-hurufnya dapat diacak, untuk memberikan pemecah tantangan lain, atau soal-soal dapat diberi nomor, membuat teka-teki sedikit lebih mudah untuk dipecahkan.
Puzzle Menemukan Frasa (Fallen Phrase (Fallen
- Masukkan judul Puzzle Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter.Masukkan frasa Anda.
- Masukkan frasa yang harus dipecahkan. Frasa panjangnya harus minimal 40 karakter. Sebelumnya usahakan frasa tersebut ada dalam tema yang sama, jadi siswa mudah menebaknya.
Contoh
hasilnya seperti ini :
Cari
kata-kata yang berhubungan dengan “Interaksi antar Ruang” . untuk mengisinya
pilih kata yang terbentuk “Menemukan Frasa” (Fallen Phrase) untuk menjawabnya
perhatikan soal ini:
1)
Tempat tinggal makhluk hidup
2)
Kondisi saling melengkapi yang
terjadi jika ada wilayah-wilayah yang berbeda komoditas.
3)
Faktor penyebab beralihnya
membeli dipasar sekitar rumah.
4)
Tempat berkumpul pedagang dan
pembeli
5)
Interaksi melalui perpindahan
suatu ide atau gagasan dan informasi.
6)
Interaksi melalui perpindahan
barang atau energi.
7)
adalah kegiatan komunikasi
dengan video
8)
alat komunikasi jarak jauh
9)
Pepindahan Penduduk dari luar
negeri ke dalam negeri
10) Komunikasi langsung dua arah
Puzzle Matematika (Math square)
Puzzle ini berguna untuk pelajaran berhitung atau matematika. Langkah-langkah membuat Puzzle adalah:Masukkan ukuran kotak matematika Anda. Paling kecil 2 x 2 atau paling besar 10 x 10. Dimensi harus sama (persegi). Masukkan angka pilihan anda di bawah kotak ini, ukuran kotak tergantung tingkatan kelas, jika tingkatan dasar maka pilih 2 sampai 4, jika tingkatan lebih tingg bisa angkanya lebih besar.
- Pilih
metode perhitungan untuk formula. Diutamakan Operator baku, ada dua pilihan.
1) Pilih opsi ini dengan cara bulatkan tombolnya, jika
Anda ingin rumus dalam kotak matematika untuk menggunakan prioritas operasi
baku, yang berarti perkalian dan pembagian dilakukan sebelum penambahan dan
pengurangan. Ini sesuai yang digunakan di Indonesia
2) Pilih Dari kiri ke Kanan dengan cara bulatkan
tombolnya, jika Anda ingin rumus dalam kotak matematika dihitung dari kiri ke
kanan.
d.
Tunjukkan instruksi. Centang
kotak ini jika Anda ingin instruksi muncul di bawah puzzle.
Berhitung
Cepat
Petunjuknya : Cobalah untuk mengisi angka
yang hilang. Gunakan
angka 1 hingga 9 untuk menyelesaikan persamaan. Setiap angka hanya digunakan
satu kali. Setiap
baris adalah persamaan matematika. Setiap kolom adalah persamaan matematika. Ingatlah bahwa penggandaan dan
pembagian dilakukan sebelum penambahan dan pengurangan.
Puzzle Mazes (Labirin)
a.
Masukkan
judul Labirin Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle
dibatasi hingga 49 karakter.
b.
Pilih
bentuk labirin Anda yang di sukai. Pilih bentuk dengan mengklik tombol yang
sesuai pada kotak di bawah ini
1) Empat
persegi panjang
2) Cut-Out
3) Lingkaran /
Oval
4) Roda
5) Melarikan
diri
a.
Masukkan
ukuran labirin Anda. Labirin bisa berukuran 80 X 80. Misalnya : Lebar (W) 40,
Tinggi (H) 40, Tambahan (A) , 5. Semakin
sedikit lebarnya dan tingginya semakin mudah.
b.
Masukkan
jumlah piksel yang Anda inginkan untuk setiap kotak labirin (maze). Jika
labirin Anda lebih besar dari 40 X 40, nilai ini harus 8 atau kurang.
c.
Pilih
gaya isian untuk labirin. komputer dapat menggunakan metode yang berbeda.
Caranya klik dan bulatkan pilihan tombol dibawah ini:
1) Jalur Acak (Random Paths)
2) Kebanyakan Jalur Horisontal (Mostly Horizontal
Paths)
3) Sebagian Besar Jalur Vertikal (Mostly Vertical
Paths)
4) Jalur Kotak-kotak (Checkerboard Paths)
5) Kotak Konsentris (Concentric Squares)
6) Ke dalam X (Inward X)
Hasil nya dapat dilihat
pada gambar ini
Puzzle
Ubin Soal (Letter Tiles).
Cocok untuk game
didalam ruangan maupun diluar ruangan, bisa menjadi frasa tersembunyi kantong
atau amplop.
a. Masukkan judul Puzzle Ubin Soal (letter tiles)
Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi
hingga 49 karakter. Contoh “Benda dirumah”
b. Masukkan frasa yang akan diacak. Misalnya berkaitan
dengan “Benda dirumah”
c. Berapa banyak huruf yang harus ada disetiap ubin?
Tiga adalah angka tipikal. Bisa anda pilih :
Dua, Tiga, atau Empat. Caranya klik tombol dan bulatkan warnanya.
d. Tunjukkan instruksi. Centang kotak ini jika Anda
ingin instruksi muncul di bawah puzzle.
e. Tunjukkan area jawaban. Centang kotak ini jika Anda
ingin kotak kosong muncul di bawah ubin. Kotak-kotak ini akan memberi pemecah
tempat untuk menulis surat.
Hasilnya
seperti ini :
Instruksinya
:
Pisahkan ubin untuk mengungkapkan pesan. Masukkan
guntungan puzzle ubin kata, Dan tempel pada ubin kosong dibawahnya
Puzzle
Kriptogram (Cryptogram).
Puzzle ini cocok untuk game didalam ruangan maupun diluar
ruangan, bisa menjadi frasa tersembunyi kantong atau amplop.
a. Masukkan judul Puzzle Kriptogram (Cryptogram).
Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi
hingga 49 karakter. Contoh “Negara Negara di Benua Asia”
b. Masukkan frasa yang akan diacak. Misalnya: “Nama negara di Benua Asia” (sesuai
keinginan)
c. Pilih gaya karakter. Pilih jenis karakter yang
ingin Anda gunakan untuk mengganti huruf dalam frasa. Klik tombol warna :
Angka, Kata Bahasa Inggris, Kata huruf Yunani.
d. Berikan surat Anda dapat memilih untuk memberikan
beberapa huruf dalam cryptogram untuk membuat soal memulai. Masukkan huruf yang
ingin Anda berikan dibawah. Pisahkan setiap huruf dengan spasi. Hasilnya
sebagai berikut Saya membuat alat bantu kata A I U E O, artinya siswa diminta
mencari kata lain berkaitan Negara-negara di Benua Asia
Puzzle
Nomor Blok (Number Block)
Puzzule ini bisa digunakan untuk game angka terutama saat
belajar Matematika, atau game uji kecerdasan lainnya.
a.
Masukkan
judul Puzzle Nomor Blok (Number Block). Anda. Judul akan muncul dibagian atas
halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter.
b.
Masukkan
ukuran blok nomor Anda. Blok angka Anda bisa sekecil 3 x 3 atau paling besar 10
x 10. Dimensi harus sama. Masukkan nomor pada kotak.
c.
Masukkan
nilai minimum dan maksimum untuk angka dalam kotak. Tentukan kisaran angka
untuk nilai-nilai kisi. Semakin kecil kisaran angka, semakin mudah puzzle.
Minimum 0 dan Maksimum 9
d.
Masukkan
jumlah sel yang akan kosong. Banyak sel kosong, semakin sulit teka-teki itu.
Kadang-kadang, sebuah puzzle akan dihasilkan yang mengungkapkan persamaan yang
dapat dipecahkan oleh lebih dari satu kombinasi angka Kosong, misalnya isi angka “5”.
e.
Tunjukkan
instruksi. Centang kotak ini jika Anda
ingin instruksi muncul di bawah puzzle.
Hasil Puzzle ini contohnya adalah seperti ini, saya
masukkan 2 contoh puzzle berbeda :
Cobalah untuk mengisi angka yang hilang. Angka yang
hilang adalah bilangan bulat antara 0 dan 9. Angka-angka di setiap baris
bertambah hingga total ke kanan. Angka-angka di setiap kolom menambahkan hingga
total di sepanjang bagian bawah. Garis diagonal juga menjumlahkan total
kekanan.
Pesan Tersembunyi (Message to be Hidden).
a. Masukkan judul untuk pencarian kata Anda. Judul
akan muncul di bagian atas halaman Anda.perlu di ketahui, Judul puzzle dibatasi
hingga 49 karakter.
b. Masukkan pesan yang akan disembunyikan dalam puzzle
pencarian kata Anda. Huruf-huruf dalam pesan akan disembunyikan di antara
kata-kata yang Anda masukkan pada kotak. Ketika orang yang memecahkan teka-teki
menemukan semua kata, pesan yang tersembunyi akan terungkap
c. Masukkan ukuran puzzle pencarian kata Anda
d. Teka-teki Anda bisa hingga 40 huruf samping dan 40
huruf kebawah dan masih muat di satu halaman. Ukuran puzzle optimal adalah 15
huruf kesamping dan 15 huruf. Ke bawah
e. Jenis output puzzle pencarian kata dapat dipilih
diantara 3 ini :
1) HTML. Pilih opsi ini jika Anda berencana untuk
mencetak puzzle langsung dari browser.
2) Teks. Pilih opsi ini jika Anda berencana memotong
dan menempelkan puzzle ke aplikasi yang berbeda.
3) Teks Huruf Kecil. Sama seperti "Teks"
kecuali huruf-huruf kecil.
f. Periksa puzzle Anda. Puzzlemaker menggunakan filter
kata untuk mencegah penciptaan acak kata-kata yang ofensif. Setelah Anda
membuat puzzle, baca ulang dengan cermat untuk memeriksa penempatan kata-kata
yang tidak diinginkan yang dibuat oleh kombinasi huruf acak. Anda dapat membuat
ulang teka-teki Anda dengan memilih tombol "Kembali" di browser Anda
dan menekan tombol "Buat" lagi.
Demikian tulisan saya, semoga bermanfaat. Amin Ya Rabbal Alamin
Mantappp Bun. Legkap...
ReplyDeleteTerimakasih pak apresiasinya
Delete