Penggunaan Google Formulir sebagai Evaluasi belajar

Google Formulir Sebagai Bahan Evaluasi Belajar


1.      Mengenal Google Form sebagai Bahan Evaluasi Belajar

Tugas guru yang ketiga adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran (seperti yang pernah disampaikan sebelumnya). Teknik evaluasi pembelajaran ada dua macam: pertama tertulis, dan yang kedua lisan. Sedangkan bentuk evaluasi tertulis bisa menggunakan bentuk: pilihan ganda, uraian, angket,  benar salah, dan lain sebagainya.

Evaluasi belajar bisa dilakukan di kelas secara langsung dengan menggunakan alat kertas dan pensil atau pulpen, bisa juga dengan menggunakan aplikasi online yang dilakukan di kelas maupun di luar kelas, di mana dan kapan saja.

Menggunakan TIK Membuat soal semakin asyik karena Guru terbantukan Menjadi lebih mudah, file bisa disimpan sewaktu-waktu bisa dibuka kembali, bisa di print, linknya dapat dibagikan di grup atau lewat proyektor, dan yang menyenangkan bagi guru, laporan soalnya tersimpan di spreadsheet pada google drive, Serta ada summary Sebagai bahan untuk menganalisis evaluasi belajar.

2.      Membuat Evaluasi Belajar Menggunakan Google Formulir

Langkah-langkah membuat evaluasi belajar menggunakan Google formulir adalah sebagai berikut: 

  1. Searching Google formulir pada mesin pencari Google, Pilih "Google formulir buat dan analisis survey gratis".

  2.  Akan ada tampilan dua pilihan, “buka Google formulir” atau “pelajari lebih lanjut”, untuk memulai membuat soal atau quiz pilih “buka Google formulir”

  3. Maka tampilan pertamanya di komputer anda adalah “Untitled Form” Kalau Google formulir anda menggunakan bahasa Inggris, jika menggunakan Bahasa Indonesia pilih “formulir tanpa judul” klik dan ganti judul yang sesuai materi pelajaran dari soal yang akan kita buat. untuk mengisi nama file, klik 2 kali pada judul file, agar tercopy secara otomatis antar judul soal dan nama file nya. Untuk memberikan instruksi soalnya, setelah judul ketik saja perintah pengerjaan soal yang kita buat.

  4. Tulis pertanyaan pertama dan kedua, “Nama lengkap” dan “Kelas” setiap selesai menuliskan pertanyaan, selalu geser kekanan pada bagian bawah soal ada pilihan “wajib diisi” arau requiret, digeser ke kanan. 

  5. untuk merubah dari google formulir untuk survey menjadi bentuk Quiz, caranya ubah dengan klik pengaturan, ada tiga pilihan: Umum, Presentasi, dan Quiz. untuk membuat soal pilihlah "Quiz"

  6. untuk menambah soal evaluasi, klik tanda “tambah (+)”, muncul pilihan apakah mengambil soal dari file yang tersimpan dalam perangkat, membuat yang baru, atau dari soal yang tersimpan di Google Drive

  7. Untuk menambah media gambar, ada berapa pilihan klik tanda gambar pilihannya adalah diambil lewat file yang ada pada perangkat, searching, atau dari Drive.

  8. Dibawah soal ada opsi jawaban, pilihannya: jawaban singkat, pilihan ganda, benar atau salah, kotak ceklis, files, Line scale.

  9. Kunci jawaban yang benar diklik hingga muncul tanda ceklis, pilih jawaban yang benar dengan cara klik jawaban pilihan dan beri skor, skor tergantung jumlah soalnya sehingga jumlah skornya seluruhnya 100.

  10. Jika seluruh soal sudah selesai, maka otomatis tersimpan dalam Google Drive akun Anda.

  11. Bagikan soal kepada siswa dengan cara klik tanda panah ke kanan di atas akan muncul icon link dan klik ikon tersebut sehingga muncul link soalnya, dan klik perpendek link kemudian di copy link nya.

  12. Bagikan link soal tersebut pada akun sosmed guru bersama siswa WhatsApp, FB group, blog atau bisa dikirim lewat Google classroom, jika guru memiliki classroom bersama siswa yang yang diajar.

  13. Selesai siswa menjawab seketika langsung laporan tersimpan dalam Google Drive. Untuk melihat laporan tersebut klik respon, pilih summary. Akan ada grafik batang dan grafik pie untuk menggambarkan hasil ulangan siswa. Hasil summary atau analisis dapat disimpan dalam Microsoft word dengan cara mengcopynya.

  14. Untuk mendapatkan rekap nilai siswa kita bisa melihat caranya kita tambah spreadsheet pada perangkat Google formulir kita.

  15. Spreadsheet nya bisa kita download dalam bentuk Microsoft Excel.

Demikian manfaat dan langkah-langkah membuat evaluasi belajar menggunakan Google formulir bentuk quiz, tentunya masih banyak kekurangan pada tulisan ini untuk melengkapinya, insyaallah saya akan buatkan videonya sebagai tambahan agar bisa menerapkan Google formulir untuk membuat evaluasi belajar.

Terima kasih sudah membaca dan mau berkomentar. semoga tulisan ini bermanfaat. Amin ya robbal alamin

Comments