Mind Mapping Sebagai Hasil Rangkuman dan Kerja Kelompok

Mind Mapping Sebagai Hasil Rangkuman dan Kerja Kelompok


Saya masih ingat saat saya masih di awal mengajar sering Saya minta siswa saya untuk merangkum pembelajaran sampai beberapa lembar, dengan tujuan anak didik saya bisa mengingat semua materi-materi yang saya ajarkan karena dengan menulis mereka bisa mengingat dan memahami. Itu pemikiran saya yang dulu.

Kemudian pemikiran saya berkembang apalagi setelah berkembang teknik pembelajaran yang saya pahami sekarang. Saya mulai melakukan kegiatan kerja kelompok dan siswa menuangkan pemikirannya dalam bentuk kerjasama. Hasil kerjasama kelompok tersebut mereka presentasikan kedepan kelas dengan menggunakan karton spidol warna-warni. Ini sangat menarik karena secara tidak langsung anak tahu urutan pembelajaran yang dilakukan, urutan materi dan konten pelajaran, kata kunci dari setiap konten-konten pelajaran, serta arah pembelajarannya yang ada pada tujuan pembelajaran. Siswa dapat melakukan kerjasama kelompok secara aktif, tidak lagi sekadar diskusi dengan kata-kata melainkan dituangkan dalam bentuk peta pikiran pada karton dan spidol spidol warna-warni, hasil pekerjaannya ditayangkan dikelas dan dikomentari oleh teman-temannya, dan guru juga bisa menjadikan hasil kerja kelompok tersebut untuk penilaian secara objektif. Sayangnya terkadang yang ada siswa yang yang salah gambar, dan ingin mengulang kembali, mengganti kertas karton dan spidol tambahan, belum lagi waktu penyelesaiannya makin lama.

Kemudian pemikiran saya pun berkembang lagi. Saat ini saya sering melakukan pembelajaran menggunakan komputer dan HP pada siswa sehingga saya memilih aplikasi yang bisa membuat siswa kami bekerja sama dalam merangkum dan menghasilkan kerja kelompok melalui aplikasi berbasis web bernama mind Master.

Akhirnya saya menggunakan alternatif untuk menampilkan hasil pemikiran siswa dan mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dengan menggunakan mind master pada HP Android maupun pada komputer yang nantinya akan terhubung ke layar  proyektor.

Alasan saya menggunakan mind master adalah:

  1. Pemetaan pikiran ini adalah langkah awal untuk menuangkan ide-ide baik secara individu maupun kelompok. Jadi dengan mengetahui kata kunci dari konten pelajaran yang kita tentukan, dapat memudahkan memahami pelajaran tersebut.

  2. Pada saat kerja kelompok mind mapping aktivitas pembelajaran abad 21 yaitu: berkomunikasi menuangkan pikiran dan bekerjasama bersama teman kelompok, critical thinking melalui debat kelompok, dan kreativitas menampilkan kreasi-kreasi baru model mind Mapp dengan gambar yang aneka macam dapat terlaksana.

  3. Menggunakan aplikasi mind master dalam pemetaan pikiran mengikuti perkembangan zaman saat ini dimana penggunaan gadget untuk pembelajaran juga diakui sebagai hal menarik sesuai perkembangan industri 4.0

  4. Main master tidak hanya bisa dengan komputer atau laptop tapi bisa menggunakan HP Android

  5. Hasilnya bisa tersimpan dalam file untuk dibuka pada waktu kapanpun, bisa diedit, dan bisa didiprint serta bisa dibagikan kepada guru maupun siswa lainnya

  6. Mudah dan aplikasinya ada yang gratis.

  7. Melatih siswa untuk memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini dan mengurangi siswa menggunakan pemakaian gadget untuk hal lain

  8. Pengunduhannya dilakukan online sedangkan penggunaannya offline

  9. Variatif pembelajaran sesekali perlu dilakukan.


Langkah-langkah penggunaan mind master adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi main master menggunakan Android lewat play store, ketik saja main master pilih yang gambar . Atau jika menggunakan komputer/ laptop searching saja " Edraw main master download", maka akan ada software main master Edraw. Pilihlah free download berwarna hitam. Untuk mendownloadnya waktunya sebentar tergantung jaringan.

  2. Setelah selesai mendownload maka kita harus sabar menginstalnya, ini memerlukan waktu beberapa menit. setelah selesai menginstal, ada tampilan ikon pada dasbor komputer/ laptop berupa lingkaran hitam.

  3. Buka aplikasi edraw mind master dan pilih template berdasarkan tema-tema yang sesuai. Template mind mapping pada aplikasi ini terdapat puluhan template gratis dan terdapat beberapa template pro berbayar. Pilih salah satu yang gratis bisa berupa analis, case study, fishbone, schoology, fotografi, project control dan sebagainya. Sesuaikan dengan tema materi yang ingin dibuat.

  4. Setelah dipilih satu klik create untuk memulai mind mapping yang akan dibuat.

  5. Klik 2 kali untuk memulai mengedit kata yang ada di dalam template ini. Biasanya bagian tengah adalah untuk topik umum tema pelajaran.

  6. Pada aplikasi edraw mind master ini terdapat banyak pilihan menu bar seperti: file, home, page style, slide show, advanced view, help. Setiap ap2 bar memiliki beberapa menu toolbar, dan setiap menu toolbar ada tambahan menu icon bar.

  7. Keragaman dari menu ini untuk memudahkan pengguna edraw mind master untuk menciptakan main mapping yang indah menarik dapat diedit (warna, bentuk, ukuran, menambah dan mengurangi bagan) sehingga dapat dibaca dengan jelas.

Demikianlah tulisan ini sebagai alternatif membuat mind mapping dalam pembelajaran. Tentunya setelah membaca tulisan ini tidak serta-merta bapak ibu guru dan siswa dapat mempraktekkannya pada aplikasi tersebut. Tapi saya berharap terpancing mencari bahan-bahan tulisan lain sehingga bisa membantu mencoba menggunakan main master dalam pembelajarannya.

terima kasih atas perhatiannya. Semoga bermanfaat untuk semuanya. wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Comments