MENULIS DALAM SEKEJAP

Menulis dalam Sekejap


Banyak yang bilang mereka tidak bisa menulis karena tidak punya waktu luang untuk membuka laptop, dan ada lagi yang bilang padaku sulit untuk menulis karena mereka tidak mahir mengetik dan saat menuangkan ide-ide untuk menulis idenya hilang gara-gara salah mengetik.

Sebenarnya semua itu bisa diatasi andai para penulis pemula mengenal apa yang disebut dengan voice note dan Google Docs.

Apalagi untuk ibu-ibu atau bapak-bapak yang pandai berbicara, dan sulit memulai ketikan. mulailah dengan membicarakan apapun menggunakan voice note dan disimpan lewat Google docs layaknya curhat dengan HP terus hari-hari HP adalah pegangan kita.  

Mungkin saja apa yang dibicarakan itu baik dan bermanfaat untuk orang lain, sehingga menjadi buah pikiran dan karya kita.

Teknologi sekarang sudah canggih dan memang fungsi teknologi itu untuk memudahkan manusia menghadapi kesulitan dalam kehidupannya.

Apalagi kita sebagai guru tentunya harus selalu menghadapi tantangan zaman dan dan kesempitan waktu diantara kesibukan kita untuk mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran kita, serta mempersiapkan langkah-langkah yang harus kita laksanakan ikhlas. dengan menggunakan Google Docs dan voice note rancangan kita cukup hanya kita sebut selanjutnya Google doc dan voice note akan menuliskannya untuk anda. 

Fungsi voice note dan Google Docs bukan untuk membuat orang malas menulis, juga bukan untuk membuat orang tidak ingin belajar komputer sehingga tidak mau mengetik lagi, tetapi saat kita tidak dalam waktu senggang untuk membuka laptop atau komputer, padahal ide-ide tulisan sudah ada di pikiran kita, dikhawatirkan terlupakan kembali saat menggunakan komputer atau laptop, karena Google Docs dan voice note sebenarnya dapat digunakan pada HP Android, tidak harus menggunakan laptop atau komputer. Selain itu Anda dapat membukanya kembali dan memeriksanya pada komputer anda karena hasil tulisan dari HP anda tadi dapat disimpan secara langsung menggunakan Google Drive pada akun tersebut. itu ada baiknya kalau kita menggunakan teknologi ini yaitu voice note dan Google Docs. 

Dan inilah yang sering saya lakukan dimanapun berada saat tidak memungkinkan membuka laptop dan komputer, saya ucapkan ide tulisan saya menggunakan Google Docs dan voice note, sebuah cerita atau informasi Kegiatan saya sehari-hari. Semuanya mungkin bisa bermanfaat untuk saya  merefleksikan diri atau bermanfaat juga untuk orang lain.

Beberapa kelebihan Google Docs dan voice note adalah:

  1. Voice note dan Google Docs berbasis web, jadi saat menggunakannya kita harus online dan memiliki jaringan internet.

  2. Google Docs harus memiliki akun Google.

  3. Google Docs juga bisa digunakan pada komputer atau laptop untuk mengaktifkan Voice note klik saja tool pada Google Docs nanti ada pilihan change voice, kita bisa pilih apakah menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa lain yang kita inginkan.

  4. Pada Google Docs ada banyak pilihan template yang bisa kita gunakan disesuaikan dengan tema dokumen yang akan kita buat ada tema report atau laporan, jurnal,CV dan lain-lain 

  5. Google docs tidak perlu disimpan karena sudah otomatis tersimpan dalam Google Drive pada akun tersebut

  6. Google Docs bisa di buat dimana saja dan kapan saja dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan pada HP atau laptop kita.

  7. Google Docs pada komputer atau laptop memiliki banyak karakter yang bisa di insert. Sedangkan pada HP sedikit lebih sederhana.

  8. Kita bisa berkolaborasi dalam membuat dan mengedit dokumen bersama rekan kerja kita, caranya klik setting, tulis email rekan kita.

  9. Voice note bisa digunakan pada HP Android. Tandanya seperti gambar mikrofon (🎙️) kecil pada keyboard (⌨️) HP Android.

  10. Pada HP merk tertentu harus di-setting dahulu sebelum digunakan voice note. Pada HP saya Oppo saya langsung klik tanda mic kecil yang ada di bawah dekat keyboard.

  11. Voice note bisa digunakan tidak hanya pada Google Docs, juga bisa untuk aplikasi lainnya di HP Android, seperti WhatsApp, Facebook, lain-lain.

Namun begitu Google Docs dan Voice note juga punya kelemahan, antara lain adalah:

  1. Google Docs dan Voice note tergantung jaringan, jika jaringan diwilayah anda susah terjangkau internet, Google Docs dan voice note bukan solusi yang tepat.

  2. Voice note tidak memiliki karakter dan tanda baca. Jadi setelah menyebutkan apa yang ingin kita tulis dengan voice note maka harus dicek kembali tanda bacanya.

  3. Suara yang terdengar adalah yang paling dekat dari mic.

  4. Untuk menyimpan hasil pidato dari narasumber atau dosen tergantung volume dan jarak suara, kalau jauh dan lebih kecil dari suara di sekitarnya maka yang tertulis,  adalah suara di sekitarnya. Maka pastikan kita dekat dengan sumber suara.

Demikian tulisan saya tentang mudahnya menulis dengan menggunakan Google Docs dan voice note. 

Harapan saya rekan-rekan semua jangan merasa sulit untuk menulis, jangan bingung saat tidak bisa menggunakan laptop atau komputer. Mulailah gunakan Google Docs dan voice note sebagai salah satu alat untuk menuangkan ide-ide cemerlang Bapak Ibu hebat semua. Saaya sertakan juga panduannya pada channel YouTube saya disini

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Comments