Membuat Video Pembelajaran


  1. Manfaat Media Video

Media pembelajaran adalah sarana untuk menyampaikan materi ajar kepada siswa agar pesan dari konten materi ajar tersampaikan dengan baik. Media pembelajaran bermacam-macam jenisnya, ada yang menggunakan audio visual, audio, visual, dan media sesungganya yang asli. Dan yang paling utama tentu media sesunggunya yang asli, terjun ke lokasi kejadian atau tampilkan bendanya secara langsung dikelas, hanya saja tidak semua hal real dapat langsung dijadikan media pembelajaran, karena ada masalah waktu, kemampuan guru mendapatkannya, keamanan, kemungkinan terbawa sampai kekelas, atau hal lain yang menghalanginya.

Ketercapaian pesan yang baik dan kondisi real tidak selamanya dilakukan, karena keterbatasan waktu, biaya, dan keamanan, misalnya: saat guru ingin menyampaikan lokasi sejarah, lokasi kejadian bencana, membawa narasumber profesional, bahkan menampilkan media berupa binatang-binatang tentu tidak memungkinkan. Benda yang dibawa kekelas ada yang sebagian bisa ditampilkan sebagai media langsung, tapi tidak semua guru mudah membawanya, misalnya menampilkan peralatan mesin penggilingan padi, peralatan rumah tangga, alat kedokteran, dan lain sebagainya. Untuk itu dibutuhkan tampilan audio visual pengganti yang mendekati tampilan aslinya, oleh sebab itu video adalah solusinya. 

Video membawa siswa kita membayangkan seperti melihat secara dekat, langsung dan lebih jelas. Untuk itulah seorang guru bisa menangkap materi ajar dengan menggunakan cameranya, dan kemudian menjadikan hasil tangkapan kameranya sebagai bahan ajar dikelasnya.

Guru tidak dituntut untuk mahir membuat video, karena Penulis yakin sebagai guru saja, sudah menyita waktunya untuk keluarga dan hal lain kebutuhan pribadinya. Oleh sebab itu Penulis hanya sedikit berbagi sedikit pengalaman membuat video sederhana kepada rekan guru lainnya. 

  1. Cara Membuat Video Pembelajaran

Ada banyak cara membuat video pembelajaran antara lain ;

  1. Bila menggunakan Powertpoint menjadi video pembelajaran, makabisa langsung di ekspor  dieksport dengan save as ke lokasi penyimpan seperti “local D”, “Lokal Dokumen”.

 

  1. Menggunakan kamera baik kamera professional, atau kamera HP untuk menangkap moment-moment dan pemanfaatan alat-alat disekitar guru  yang sesuai dengan materi ajar.

  1. Menggunakan rangkaian gambar yang disusun berurutan

  2. Menggunakan aplikasi pembuat video seperti, Windows Movie Maker, Film Maker, Camtasia, Filmora, AVS Video, dan lain sebagainya.


  Langkah Membuat Media video Pembelajaran

Pada pembahasan sebelumnya Penulis sudah menyampaikan cara membuat powerpoint. Powerpoint tidak hanya bisa di tampilkan dalam bentuk aplikasi Ms.Powerpoint, namun bisa juga ditampilkan dalam bentuk video. Pembuatan video menggunakan powerpoint dimulai saat akan menyimpan file powertpoint media ajar yang dibuat kedalam bentuk windows media video. Selain itu membuat video pembelajaran juga bisa menggunakan gambar-gambar dan video yang diambil sehari-hari menggunakan gadged. 

Video dari Youtube juga bisa diedit, disesuaikan dengan kebutuhan materi pelajaran yang akan disampaikan.

Langkah-langkah membuat dan mengedit video yang dipadukan dengan aplikasi pembuat video (contohnya filmora), adalah :

  1. Siapkan aplikasi filmora, kalau anda belum punya silahkan download dahulu 

  2. Filmora Video Editor untuk Windows pada link ini http://bit.ly/2TO6pSc , silahkan cari versi gratis. Penulis ambil aplikasi ini, karena cukup lengkap fiturnya dan mudah digunakan untuk pemula, sebenarnya ada beberapa aplikasi untuk edit video, hanya saja Penulis memilih satu utuk dibagikan dibuku ini. Anda pilih saja sesuaikan dengan kemampuan laptop atau komputer yang dimiliki. 


  

  1. Siapkan Medianya seperti : powerpoint tersimpan dalam bentuk windows movie maker, kumpulan-gambar, atau video yang akan diedit yang diambil dari video yang sudah jadi di Youtube, atau video dari jepretan kamera sehari-hari. 

  2. Buka aplikasi video maker Filmora, akan ada tampilan “New Project” untuk membuat video baru, dan “open project” untuk mengedit video yang belum selesai dikerjakan 

  1. Tampilan filmora untuk project baru, tambahkan media yang akan dijadikan video baru yang dilengkapi sesuai keinginan masing-masing. Klik tanda tambah untuk menambah media yang akan diedit, Cari media yang disimpan pada lokasi penyimpanan perangkat. 

  1. Untuk mempercantik video, bisa tambahkan video opening dengan memilih satu contoh video opening

  1. Untuk menambah suara musik banyak pilihan, pada versi gratis ada 79 buah, namun harus download dulu dan menggunakan jaringan internet, atau bisa ditambahkan dari musik yang kita simpan, pilih My music. Drag atau Tarik kotak musik kearah track

  1. Jika ingin mengisi suara narasi, bisa dengan menggunakan tanda mic kecil ini

  1. Tambahkan tracks sebanyak media yang akan kita buat (Video, Musik, atau Text, misalnya: video opening di track 1, Video utama di tracks 2, musik pembuka di track 3, musik utama di track 4, musink penutup, di trak 4. Text.

  1. Masukkan video utama, jika ada suaranya dan akan digunakan, maka tinggal diatur klik kanan pada mouse, adjust video, centang remove background, agar suaranya bersih. Pada musik opening, bisa diatur dengan volume akhir semakin kecil dengan menggeser fade out ke kanan, atau volume suara bagian awal pelan makin lama makin keras dengan menggeser fade in ke kanan

  1. Jika ingin Memendekkan music atau memotong bagian video yang ingin dibuang, gunakan tanda gunting pada “garis playhead merah”, terlebih dulu drag bagian yang mau digunting 

  1. Mengatur suara pada track suara klik kanan, “adjust audio”, pilih volume dan naikkan volume sesuai kebutuhan, untuk menghilangkan background supaya tidak tersendat-sendat klik “remove background”, untuk memulianya perlahan di awal suara, geser “fade in”, dan untuk semakin lama suara makin kecil pilih “fade out”

  1. Untuk melihat apakah video editan sudah selesai sesuai harapan kita, maka klik preview, jika sudah dianggap bagus, eksport menjadi mp4 .

  1. Agar tak muncul tanda air filmora, saya berikan email dan code yang bisa di sctifkan saat mengeskport video tersebut. Disini saya berikan hanya 2 licensenya atau code codenya antara lain sebagai berikut:

1. Lincensed e-mail : c2941647@drdrb.com

          Registration code: 10403029cf3644154841651af141e800

2. Licensed e-main:  c2942163@drdrb.com

          Registration e-mail: 35706e040c63ee00e377911bb9a3b301

Setelah aktif, tunggu beberapa saat hingga selsai Videonya dalam bentuk MP4

Comments