KAHOOT SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN ASIK

KAHOOT SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN ASIK


Barangkali banyak yang sudah mengenal kahoot. Apa itu kahoot? Bagaimanakah kahoot dimanfaatkan sebagai evaluasi pembelajaran. Pada kesempatan ini akan saya uraikan apa hubungan kahoot dengan evaluasi pembelajaran.

Tugas guru yang ketiga adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran. Teknik evaluasi pembelajaran ada dua macam: pertama tertulis, dan yang kedua lisan. Sedangkan bentuk evaluasi tertulis bisa menggunakan bentuk: pilihan ganda, uraian, angket,  benar salah, dan lain sebagainya. 

Evaluasi belajar bisa dilakukan di kelas secara langsung dengan menggunakan alat kertas dan pensil atau pulpen, bisa juga dengan menggunakan aplikasi online yang dilakukan di kelas maupun di luar kelas, di mana dan kapan saja.  kahoot adalah salah satu aplikasi berbasis online yang bisa kita gunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran di kelas maupun di mana saja.

Kelebihan kahoot adalah:

  1. Saat ini diIndonesia sudah banyak kelas-kelas yang menggunakan kahoot

  2. Pelaksanaannya simple tidak terlalu sulit karena bisa menggunakan berbagai gadget, laptop, komputer, Tab, atau HP Android.

  3. Tampilannya menarik perhatian siswa karena banyak warna pilihan sebagai option soal. Sehingga saat pengerjaan evaluasi pembelajaran, siswa tidak merasa takut atau benci

  4. Kahoot bisa dikerjakan di mana saja tidak hanya evaluasi pembelajaran dikelas, bisa juga sebagai tugas belajar diluar kelas atau PR.

  5. Kita bisa masuk sebagai guru atau sebagai siswa, tinggal memilih user.

  6. Andai tidak sempat membuat soal, kita bisa searching soal-soal pada aplikasi kahoot karena sudah banyak guru-guru yang membuatnya, tinggal mencari materi yang sesuai dengan pembelajaran saat itu

  7. Penggunaan sebagai evaluasi pembelajaran bisa digabungkan dengan penggunaan learning management system (LMS) seperti: Google classroom, Microsoft class, moodle, schoology, dll.

  8. Hasil evaluasi pembelajaran tidak perlu dikoreksi oleh guru. Dengan menggunakan kahoot semua jawaban siswa tersimpan saat itu juga dan dapat diprint sehingga guru bisa membuat analisis hasil evaluasi belajar.

  9. penggunaan aplikasi online seperti kahoot tidak memakan ruang pada laptop kita karena semuanya tersimpan di awan.

  10. Guru bisa bertindak sebagai host live sehingga dapat dimainkan langsung oleh siswa secara individu maupun kelompok

  11. Masuk sebagai pengguna kahoot juga tidak sulit kita tinggal memiliki akun Google atau bisa masuk lewat Facebook.

pada kesempatan kali ini saya akan menguraikan bagaimana langkah-langkah untuk membuat kahoot, antara lain adalah:

  1. Searching lewat Google, atau aplikasi searching lainnya ketik saja kahoot

  2. Pilih anda ingin bermain atau sebagai pembuat soal.

  3. Jika belum mempunyai akun kahoot maka anda bisa masuk dengan menggunakan akun Google atau akun Microsoft anda

  4. Akan ada tampilan pilihan 4 gambar user kalau menggunakan komputer atau laptop, yaitu: as a teacher, student, socially, dan parents. Sedangkan kalau menggunakan HP Android ada 3 gambar user teacher (guru), student (siswa) atau parent. 

  5. kemudian akan ada pilihan buat akun dengan akun Google atau akun Microsoft. Silakan pilih akun Google kalau Anda punya Gmail dan masuk menggunakan akun Gmail

  6. Selanjutnya diminta untuk mengisi nama sekolah, tingkatan sekolahnya dan nama panggilan atau nickname dengan menuliskan huruf, karakter dan angka sekaligus, contohnya "Sitti_1967" Checklist semua pernyataan Anda menerima kahoot sebagai aplikasi yang digunakan.

  7. Pilih yang free atau gratis

  8. Masukkan nama asli Anda atau bisa juga tidak mau tidak apa-apa. Akun kahoot Anda bisa di manfaatkan sekarang

  9. Create kahoot (buat soal) untuk soal baru. Ada juga pilihan template, saya lebih suka new Kahoot.

  10. Setiap akan menulis soal, pilih tema pelajaran dan gambar tampilan soal 

  11. Percantik dengan menambahkan gambar tampilan yang mewakili soal yang dibuat caranya klik add picture atau video, ambil gambar dari library Kahoot atau dari file kita yang tersimpan di perangkat yang kita digunakan atau video dari YouTube, tinggal masukkan link saja

  12. Untuk menambah soal berikutnya klik tanda (+)

  13. Dalam satu kegiatan boleh memberikan bentuk soal yang sama, misalnya hanya pilihan ganda saja, atau bisa menggunakan beberapa bentuk soal seperti no 1-5 bentuknya pilihan ganda dan 6-10 bentuk uraian, benar -salah 

  14. Kalau semua soal sudah selesai dibuat, simpan soal 

  15. Guru bisa menggunakan soal yang dibuat orang lain, setelah masuk akun kahoot, guru mencari contoh soal, ketik saja tema yang akan kita cari discovery, ketik tema materi pelajaran yang ingin dicari dan ikut bermain atau menjadi host live

  16. Guru bisa melihat hasil laporan hasil pekerjaan siswa dengan melihat report dan download jika membutuhkan.

  17. Untuk pengguna HP. Tidak bisa di download, tp bisa dilihat saja

Demikianlah tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat . Aamin ya rabbal alamin

Ada link YouTube saya tentang pembuat kahoot menggunakan HP Android.https://youtu.be/-5ig0Vgi5nQ

Untuk pengguna laptop dan komputer belum saya buat. Semoga akan datang saya buatkan untuk pembaca semua. Terimakasih




Comments