Buat Video Pembelajaran, Kenapa Tidak?



BUAT VIDEO BAHAN AJAR SENDIRI, KENAPA TIDAK?

BUAT VIDEO BAHAN AJAR SENDIRI, KENAPA TIDAK?

Buat video bahan ajar sendiri, kenapa tidak?. Tak ada yang tidak mungkin. Membuat video memang tidak mudah, banyak fitur fitur aplikasi maker video yang harus pahami, tapi dengan kita membuat sendiri kita bisa mengarahkan isi video sesuai langkah pembelajaran yang kita mau dan konten yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran kita.

  1. Manfaat Media Video

Media pembelajaran adalah sarana untuk menyampaikan materi ajar kepada siswa agar pesan dari konten materi ajar tersampaikan dengan baik. Media pembelajaran bermacam-macam jenisnya, ada yang menggunakan audio visual, audio, visual, dan media sesungguhnya yang asli. Dan yang paling utama tentu media sesunggunya yang asli, terjun ke lokasi kejadian atau tampilkan bendanya secara langsung dikelas, hanya saja tidak semua hal real dapat langsung dijadikan media pembelajaran, karena ada masalah waktu, kemampuan guru mendapatkannya, keamanan, kemungkinan terbawa sampai kekelas, atau hal lain yang menghalanginya.

Ketercapaian pesan yang baik dan kondisi real tidak selamanya dilakukan, karena keterbatasan waktu, biaya, dan keamanan, misalnya: saat guru ingin menyampaikan lokasi sejarah, lokasi kejadian bencana, membawa narasumber profesional, bahkan menampilkan media berupa binatang-binatang tentu tidak memungkinkan. Benda yang dibawa kekelas ada yang sebagian bisa ditampilkan sebagai media langsung, tapi tidak semua guru mudah membawanya, misalnya menampilkan peralatan mesin penggilingan padi, peralatan rumah tangga, alat kedokteran, dan lain sebagainya. Untuk itu dibutuhkan tampilan audio visual pengganti yang mendekati tampilan aslinya, oleh sebab itu video adalah solusinya.

Video membawa siswa kita membayangkan seperti melihat secara dekat, langsung dan lebih jelas. Untuk itulah seorang guru bisa menangkap materi ajar dengan menggunakan cameranya, dan kemudian menjadikan hasil tangkapan kameranya sebagai bahan ajar dikelasnya.

Guru tidak dituntut untuk mahir membuat video, karena saya yakin sebagai guru saja, sudah menyita waktunya untuk keluarga dan hal lain kebutuhan pribadinya. Oleh sebab itu saya hanya sedikit berbagi kepada rekan guru lainnya dari pengalaman saya membuat video sederhana selama ini.

  1. Cara Membuat Video Pembelajaran

Ada banyak cara membuat video pembelajaran antara lain ;

  1. Mengeksport Powertpoint menjadi video pembelajaran

  2. Menggunakan kamera baik kamera professional, atau kamera HP menangkap moment-moment dan pemanfaatan alat-alat disekitar guru yang sesuai dengan materi ajar.

  3. Menggunakan rangkaian gambar yang disusun

  4. Menggunakan aplikasi pembuat video seperti, windows movie maker, Camtasia, Filmora, AVS video, dan lain sebagainya.

  1. Langkah Membuat Media video Menggunakan Powerpoint

Pada pembahasan sebelumnya saya sudah menyampaikan cara membuat owerpoint. Nah powerpoint tidak hanya bisa di tampilkan dalam bentuk aplikasi Ms.Powerpoint, namun bisa juga ditampilkan dalam bentuk video.

Pembuatan video menggunakan power point dimulai saat kita akan menyimpan file power point media ajar yang kita buat kedalam bentuk windows media video.

Langkah-langkah membuat video dengan powerpoint dan dipadukan dengan aplikasi maker movie saya pilih salah satu saja pada tulisan kali ini (windows movie maker atau filmora ), adalah :iapkan aplikasi windows movie maker, kalau anda belum punya silahkan download dahulu, saya ambil aplikasi ini, karena paling mudah digunakan untuk pemula, sebenarnya ada beberapa juga yang mudah, hanya saja, saya harus memilih satu saja utuk saya bagikan pada buku ini. Link downloadnya adalah https://www.topwin-movie-maker.com/download.aspx. Di situs itu ada dua jenis yaitu Windows movie maker model classic tahun 2016 dan yang terbaru 2020. Anda pilih saja sesuaikan dengan kemampuan laptop atau computer yang dimiliki. 

    1. Siapkan powerpoint yang sudah tersimpan dalam bentuk windows movie

     

    1. Kemudian install windows movie maker, harap bersabar karena membutuhkan waktu cukup lama, jadi uahakan jaringan internet bagus.

    2. Setelah selesai buka aplikasinya dan siap untuk digunakan.

    1. Untuk mempercantik tampilan video yang kita buat, tambahkan pua musik pengiring, narasi, atau video opening lainnya.

    2. untuk teks karena PowerPoint sudah menjelaskan, siapa kita sebagai penulisnya, instansi kita dan judul materi yang disampaikan, jadi saya pikir tidak perlulah ditambah teks lagi hanya saja kita bisa menambahkan karakter-karakter untuk memperjelas video kita, misalnya tanda panah, lingkaran dan lain sebagainya.

    3. Sebelum kita ekspor kita lihat dulu  reviewnya, untuk meyakinkan kita apakah video kita sudah rapi.

    4. Jika kita menggunakan Filmora, maka selesai diekspor akan ada tampilan air atau watermark produk filmora. Oleh sebab itu kalau Bapak Ibu tidak puas karena ada tampilan filmoranya maka boleh gunakan yang lain. Hanya saja Filmora memang lebih Lengkap fiturnya dibandingkan windows video maker.

Sementara kali ini saya cukup kan dulu tulisan saya ya akan datang Saya akan tambahkan lagi teknik pembuatan video dengan menggunakan gambar atau kamera HP.

Saya yakin tulisan ini belum bisa membuat wa ke ibu memahami secara lengkap cara membuat video pembelajaran dengan baik.

anggap saja tulisan ini sebagai pemancing sehingga bapak-ibu semakin ingin untuk mengetahui cara pembuatan video pembelajaran dengan cara yang sederhana na, sehingga bapak ibu dapat menerapkannya sehari-hari.

Layaknya kalau kita masak maka masakan itu paling disukai oleh anak-anak kita.b begitupunkalau kita buat, media pembelajaran lebih disukai siswa kita dan kita lebih puas dengan karya kita sendiri, dan kita tahu apa kesalahan dari video kita sehingga kita bisa mengeditnya untuk akan datang. disamping itu kita bisa menyimpannya sebagai best practice dari diri kita dan dijadikan ukuran keberhasilan kita dalam mengajar.

Selamat mencoba Bapak Ibu semuanya Semoga tetap semangat dan pantang menyerah.

Terima kasih atas perhatiannya Semoga bermanfaat. Amin ya robbal alamin.

Comments