MAKIN TUA MAKIN JADI


Ada yang bilang pada saya,  ibu makin tua makin jadi. Saya bertanya, kenapa Bu? Yang bagian mana yang saya makin jadi? 
Saya tertawa sambil melihat badan saya sendiri,  karena memang badan saya makin tua makin bertambah subur, tapi maksudnya bukan itu.
Maksud saya, ibu makin tua makin banyak bermain YouTube, bermain aplikasi-aplikasi pada laptop dan HP. 
Sebenarnya apa sih yang ibu cari untuk kehidupan ini?. 
Pertanyaan itu membuat ku berpikir apa maksud dari kalimat dan pertanyaannya. 
Akhirnya aku penasaran, aku bertanya lagi kepadanya. Apa tidak boleh bu?
Ibu itu menjawab bukan begitu bu, tapi itu kan pekerjaan anak muda, kita yang semakin tua seharusnya banyak-banyak ibadah, aku sedikit berpikir akhirnya ku jawab, begini Bu justru saya semakin tua ingin berbagi dan beramal lewat HP, laptop, dan Komputer, lewat konten yang dilihat YouTubers, konten saya bermanfaat insya Allah. Ketika saya sudah meninggal nanti, saya berharap hal itu bisa dipakai orang lain dan dijadikan tutorial yang bermanfaat untuk anak cucu saya. InsyaAllah saya tidak meninggalkan soal Hablum minallah itu semua insyaallah saya lakukan, hanya ingin menambah dari itu semua. 
Semoga apa yang ibu nasehatkan kepada saya, bisa saya amalkan.
Jadi kesimpulannya, pemikiran orang terhadap YouTube terhadap konten-konten dan terhadap aplikasi-aplikasi ini menunjukkan bahwa kita semata-mata eksis di dunia sehingga tidak memikirkan akhirat.
Menurut saya ini justru sebaliknya. 
Saya lakukan ini karena saya juga memikirkan akhirat kedepannya nanti, saya yang tidak bisa berceramah, yang kurang amalan nya hanya mampu seperti ini, mudah-mudahan saya bisa berbagi kepada murid-murid saya sambil saya beristirahat di rumah atau sedang santai-santai, saya masih bisa berbagi konten-konten yang sesuai dengan perkembangan teknologi. insyaallah berguna.
Terimakasih atas nasehatnya Bu.

By SITTI AISYAH

Comments